6 Cara Menghilangkan Keputihan
6 Cara Menghilangkan Keputihan

Keputihan merupakan hal yang biasa dialami oleh wanita. Bahkan hampir semua wanita pasti sudah pernah mengalami keputihan. Permasalahannya adalah, apakah keputihan yang Anda alami itu normal atau tidak normal dan bisa dikatakan berbahaya? Kalau memang kemungkinan kedua yang terjadi, maka Anda membutuhkan cara menghilangkan keputihan secara tradisional agar lebih aman.

Untuk mengetahui apakah keputihan tersebut normal atau tidak, tentunya Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai ciri-ciri keputihan normal dan tidak normal. Untuk lebih jelasnya, yuk simak selengkapnya di bawah ini.

  1. Keputihan yang normal memiliki warna yang putih, sedangkan keputihan yang tidak normal biasanya memiliki warna kekuningan, kehijauan, bahkan ada juga yang berwarna abu-abu.
  2. Keputihan yang normal juga tidak berbau, lain halnya dengan keputihan yang tidak normal dimana biasanya disertai bau yang amis atau bau yang tidak sedap.
  3. Keputihan normal tidak menimbulkan rasa gatal, sedangkan keputihan tidak normal menimbulkan rasa gatal bahkan perih dan nyeri.

Jika Terjadi Keputihan yang Tidak Normal, Bagaimana Cara Menghilangkan Keputihan Tersebut?

Ada dua cara menghilangkan keputihan, cara yang pertama yaitu dengan menggunakan obat kimia, dan yang kedua adalah dengan cara alami alias tanpa obat. Namun, seperti yang Anda tahu melakukan pengobatan dengan obat-obat kimia memiliki risiko dan efek samping. Oleh sebab itu, ada baiknya gunakan cara menghilangkan keputihan secara tradisional saja.

Lalu, Apakah Obat Keputihan Alami yang Paling Manjur?

Untuk Anda yang sudah tidak sabar untuk mencari cara menghilangkan keputihan secara tradisional, simak ulasan selengkapnya di bawah ini:

1. Jahe Hangat

Cara menghilangkan keputihan dengan jahe bukan lagi menjadi sebuah rahasia. Sudah banyak wanita yang membuktikan bahwa jahe mampu mengatasi keputihan dari dalam.

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mengonsumsi air rebusan jahe dan tambahkan sedikit gula batu. Konsumsi ramuan tersebut secara terus menerus hingga keputihan hilang.

2. Jus Delima dan Madu

Jus delima memang sangat lezat dan segar, terutama jika dikonsumsi pada siang hari yang terik. Namun, tahukah Anda jika jus delima juga bisa dijadikan sebagai obat keputihan alami yang paling manjur?

Ini karena delima memiliki senyawa yang bisa digunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang merugikan tubuh. Bagaimana cara menghilangkan keputihan dengan buah delima?

Mudah saja, Anda hanya perlu membuat jus delima dan menambahkan madu asli. Konsumsi jus ini secara teratur untuk dapatkan hasil yang lebih maksimal dan terhindar dari keputihan.

3. Tidak Menggunakan Pembersih Vagina

Banyak wanita yang menganggap bahwa menggunakan pembersih vagina akan membuat vagina menjadi bersih, harum bahkan kembali rapat. Namun, tahukah Anda jika ternyata menggunakan produk pembersih vagina bisa berdampak pada ketidakseimbangan pH vagina?

Alami Keputihan Saat Hamil? Ini Hubungan Keputihan Dan Kehamilan Yang Harus Anda Tahu

Jika pH vagina sudah tidak seimbang, maka hal ini bisa menyebabkan keputihan lebih sering terjadi. Untuk itu, jangan gunakan produk pembersih vagina lagi, karena sebenarnya organ kewanitaan ini sudah memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri tanpa bantuan sabun pembersih vagina.

4. Cuka Apel

Manfaat cuka apel sangat banyak bagi kesehatan, namun masih banyak orang yang belum tahu bahwa bahan ini bisa menjadi salah satu cara menghilangkan keputihan secara tradisional.

Cuka apel memiliki kandungan pH yang sesuai bagi vagina. Untuk menghilangkan keputihan dengan menggunakan cuka apel, Anda hanya perlu mencampurkan cuka apel dan madu lalu memasukannya ke dalam air panas. Konsumsi air tersebut ketika hangat hingga keputihan yang Anda alami sembuh.

5. Daun Sirih

Selain cuka apel, daun sirih juga sangat ampuh untuk menghilangkan keputihan. Ada dua cara menghilangkan keputihan secara tradisional dengan menggunakan daun sirih, yaitu dengan cara diminum dan dengan menjadikannya bahan tambahan ketika mandi.

Jika Anda memilih untuk meminumnya, Anda hanya perlu merebus daun sirih dan mengonsumsi air rebusannya. Sedangkan jika ingin menggunakannya ketika mandi, Anda bisa merebus daun sirih terlebih dahulu, dan tinggal menggunakannya.

6. Bawang Putih

Bawang putih juga dipercaya mampu menghilangkan keputihan. Ini karena bawang putih memiliki kandungan anti bakteri yang tinggi. Adapun caranya adalah dengan mengonsumsi bawang putih secara teratur. Memang rasanya agak tidak enak, jika Anda tidak suka cara tersebut, Anda bisa menumisnya dan barulah kemudian tinggal mengonsumsinya.

Bagaimana? Sebenarnya mudah bukan untuk menghilangkan keputihan yang mengganggu? So, lakukan 6 cara menghilangkan keputihan secara tradisional ini dan jadilah wanita yang percaya diri tanpa takut keputihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here