Yang namanya keputihan tentunya identik dengan wanita. Adanya keputihan sendiri sebenarnya merupakan hal yang wajar bagi setiap wanita. Yang menjadikan keputihan tidak wajar adalah jika keputihan sudah berubah menjadi bau dan gatal.

Akibat keputihan gatal juga sangat berbahaya, salah satunya bisa memicu kanker serviks. Sebelum hal itu terjadi tentunya Anda harus lebih rajin dalam menjaga organ kewanitaan. Tidak hanya itu, Anda juga harus tahu apa saja penyebab keputihan gatal yang sering terjadi pada wanita. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan selengkapnya di bawah ini:

  1. Infeksi jamur

Infeksi jamur bisa menjadi salah satu penyebab mengapa keputihan menjadi gatal. Infeksi ini terjadi pada bagian vagina wanita. Biasanya keputihan yang disebabkan oleh jamur memiliki ciri-ciri seperti teksturnya yang lembut dan berwarna putih.

Sebenarnya, adanya jamur di vagina merupakan hal yang normal, namun jika sudah menimbulkan efek seperti gatal, maka sudah terjadi sesuatu pada vagina. Jenis keputihan gatal ini disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang semakin meningkat sehingga membuat pH kewanitaan menjadi tidak seimbang.

  1. Bakteri

Adanya bakteri juga merupakan hal yang wajar dalam vagina. Sayangnya jika jumlah bakteri ini terlalu besar juga bisa menimbulkan keputihan gatal. Keputihan yang disebabkan oleh bakteri biasanya memiliki ciri-ciri seperti teksturnya yang lebih kenyal serta memiliki bau yang tidak sedap dan bau amis.

  1. Trikomoniasis

Trikomoniasis merupakan infeksi pada vagina yang disebabkan oleh protozoa. Adanya infeksi ini membuat keputihan yang dialami wanita menjadi tidak normal dan mengakibatkan gatal-gatal.

Adapun ciri-ciri keputihan yang disebabkan oleh protozoa seperti warnanya yang kuning kehijauan, gatal yang berlebihan serta memiliki bau yang sangat menyengat.

Setelah Anda tahu apa penyebabnya, tentunya Anda juga harus tahu akibat keputihan gatal yang bisa saja terjadi pada setiap wanita. Waspadai dan kenali akibat keputihan gatal ini agar Anda lebih berhati-hati.

  1. Vaginosis bacterialis

Ini adalah salah satu akibat keputihan gatal yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Jika hal ini terjadi pada ibu hamil, maka bisa berdampak pada kelahiran bayi yang prematur.

Tidak hanya prematur, bayi juga bisa lahir dalam keadaan kekurangan berat badan. Sedangkan pada wanita yang tidak hamil, infeksi ini bisa mengakibatkan penyakit radang panggul.

  1. Streptococuc Gup B

Ini juga termasuk jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada vagina. Jenis infeksi ini cukup langka, karena hanya menyerang 1 dari 4 wanita saja. Meskipun demikian, infeksi ini bisa menjadi salah satu penyakit yang serius apabila tidak segera diobati. Jika menyerang ibu hamil, infeksi ini bisa berpengaruh terhadap kelahiran bayi. Sayangnya hingga saat ini tidak ada pencegahan yang bisa dilakukan pada penyakit ini.

  1. Klamedia

Klamedia merupakan salah satu jenis penyakit seks menular yang ditandai dengan munculnya keputihan gatal. Jenis penyakit ini menular melalui hubungan seksual. Biasanya penderita mengalami penyakit ini karena terlalu sering melakukan gonta-ganti pasangan.

  1. Gonore

Selain klamedia, gonore juga menjadi salah satu akibat keputihan gatal yang sering terjadi pada wanita. Penularan penyakit ini sama dengan klamedia yakni dengan cara bergonta-ganti pasangan.

  1. Kanker serviks

Ini adalah akibat keputihan gatal yang paling menakutkan bagi wanita. Kanker serviks atau kanker endrometrium merupakan penyakit kanker yang ditandai dengan keputihan yang gatal. Apabila wanita mengalami kanker jenis ini dalam stadium awal, mungkin masih bisa disembuhkan dengan cara kemoterapi. Namun, jika sudah memasuki stadium menengah hingga akhir, bisa jadi serviks Anda harus diangkat.

  1. Warna kulit yang tidak merata

Akibat keputihan yang paling ringan yang terjadi pada wanita adalah munculnya kulit yang belang di area kewanitaan. Mengapa demikian? Ini karena kebiasaan wanita yang menggaruk bagian kulit yang gatal saat keputihan mengakibatkan terjadinya penumpukan sel kulit mati yang menjadikan belang. Jika sudah demikian, mungkin Anda tidak akan percaya diri lagi untuk menunjukkan bagian itu pada suami.

Baca Juga :

Mengerikan bukan? Itulah akibat keputihan gatal yang bisa saja terjadi pada wanita. Untuk Anda yang tidak ingin mengalami hal tersebut, mulailah untuk menjaga kebersihan organ kewanitaan dan pastikan tidak menggunakan produk pembersih kewanitaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here