akibat sering keputihan
akibat sering keputihan

Lendir berwarna bening atau terkadang sedikit putih yang keluar dari vagina wanita  atau yang juga dikenal dengan keputihan ini bisa muncul kapan saja. Seringnya pada masa subur menjelang menstruasi atau setelahnya. Bahkan cairan ini pun keluar dalam ragam bau dan tekstur yang berbeda-beda tergantung kondisi tubuh.

Meskipun keputihan merupakan sesuatu yang wajar, bukan berarti Anda tidak patut waspada. Pasalnya, keputihan bisa saja keluar dalam bentuk yang tidak wajar seperti bau yang  menyengat, warna yang lain dari biasanya dan menyebabkan gatal. Jika kondisi ini Anda biarkan berlangsung lama maka dapat berbahaya.

Lalu apa saja sih akibat sering keputihan? Bahaya apa saja yang bisa mengancam jika menyepelekan keputihan berlangsung lama? Benarkah keputihan dapat mengakibatkan kematian? Nah berikut ini merupakan kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi jika terlalu sering mengalami keputihan. Simak baik-baik ya!

  1. Peradangan Serviks

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwasanya jenis keputihan terbagi menjadi dua, yaitu keputihan normal dan keputihan tidak normal. Keputihan normal adalah yang biasanya terjadi pada masa subur dan menjelang menstruasi dengan tekstur lendir cair biasa tidak menggumpal dan volume yang wajar, tidak berbau dan tidak gatal.

Sedangkan jika kondisi keputihan tidak demikian maka dapat diidentifikasikan sebagai penyakit tertentu, seperti peradangan serviks.

Peradangan serviks merupakan  peradangan yang terjadi pada leher rahim. Kondisi  ini bisa terjadi karena disebabkan oleh alergi pemakaian alat kontrasepsi (iud), alergi kondom atau disebabkan oleh penyakit menular seksual. Akibat sering keputihan maka dapat menyebabkan infeksi atau peradangan serviks ini. Jika dibiarkan maka infeksi bisa saja menyebar ke organ reproduksi yang lebih serius.

  1. Trikomoniasis Vagina

Selain peradangan pada leher rahim, ketika Anda mengalami keputihan secara terus-menerus bisa diidentifikasikan sebagai penyakit Trikomoniasis vagina. Trikomoniasis vagina merupakan salah satu penyakit menular seksual yang berbahaya, karena dapat menyebabkan komplikasi. Penderita penyakit ini akan rentan terhadap serangan virus HIV.

Jenis keputihan ini biasanya berwarna kuning kehijauan, memiliki bau yang tidak sedap (cenderung busuk)  dan menimbulkan peradangan serta penyebab keputihan gatal. Jika trikomoniasis terjadi pada wanita hamil maka dapat menyebabkan kelahiran bayi prematur.

  1. Iritasi Pada Vagina

Akibat sering keputihan yang dibiarkan secara terus menerus tanpa adanya penanganan yang tepat maka dapat menyebabkan iritasi pada vagina. Rasa gatal yang ditimbulkan mau tidak mau akan membuat Anda ingin menggaruknya. Dan hal ini dapat menyebabkan vagina teriritasi dan lecet.

Selain itu, keputihan yang tidak normal biasanya cenderung berbau busuk. Sehingga akan membuat area vagina Anda memiliki aroma yang tidak sedap. Jika Anda seorang wanita yang sudah menikah maka hal ini dapat mengurangi tingkat keromantisan pasangan Anda.

  1. Gangguan Organ Reproduksi Wanita

Akibat sering keputihan juga bisa mengancam kesehatan organ reproduksi Anda. Infeksi yang awalnya hanya terjadi pada vagina jika dibiarkan tanpa dilakukan pengobatan bisa saja menyebar hingga ke bagian dalam, seperti rongga rahim, indung telur, hingga rongga panggul. Bahkan bisa menyebabkan sulit hamil atau infertilitas.

  1. Kematian

Akibat sering keputihan yang paling fatal adalah kematian. Ini bukannya menakut-nakui namun hal ini benar terjadi. Keputihan yang berlangsung lama dapat diidentifikasikan sebagai penyakit yang berbahaya, misalnya penyakit menular seksual trikonomoniasis, gonore atau kanker serviks. Tidak sedikit wanita yang meninggal akibat kanker serviks ini.

Baca Juga :

Selain itu, jika keputihan terjadi pada wanita hamil. Karena terlalu sering keputihan bisa saja menyebabkan hamil di luar kandungan yang menyebabkan pendarahan hebat. Hal ini juga banyak menyebabkan wanita hamil meninggal dunia akibat kekurangan darah. Serem ya?

Tentu hal ini tidak diinginkan bukan? Oleh karena itu, jangan sepelekan keputihan karena nantinya dapat merugikan diri Anda sendiri. Kenali jenis keputihan , penyebab keputihan gatal dan apa saja obat keputihan. Anda bisa menggunakan obat-obatan alami atau berobat ke dokter.

Jika keputihan masih bisa diatasi dengan menggunakan obat keputihan berbahan alami, maka dilanjutkan saja. Namun apabila setelah melakukan pengobatan secara alami tetapi tidak ada perubahan yang nyata, maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter sebelum terlambat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here