Apa Itu Keputihan Pada Wanita

Sebagian dari Anda tentu sudah sering mendengar istilah keputihan. Namun, tahukah Anda apa itu keputihan pada wanita? Bagi Anda yang belum tahu, tentunya Anda harus tahu pengertian keputihan, apalagi jika Anda adalah seorang wanita.

Keputihan adalah sebuah cairan yang keluar dari dalam vagina dalam bentuk lendir. Cairan ini sebenarnya merupakan cairan yang normal, karena melalui cairan ini menandakan bahwa vagina sedang membersihkan diri.

Jangan Sepelekan Keputihan! Gunakan 7 Cara Menghindari Keputihan Ini Untuk Berjaga-Jaga

Apa Saja Jenis Keputihan yang Mungkin Terjadi Pada Wanita?

Bagi Anda para wanita yang sering mengalami keputihan, memahami apa itu keputihan pada wanita memang wajib hukumnya. Tidak hanya itu saja, jenis keputihan juga harus diketahui agar Anda bisa tahu apakah keputihan yang dialami masih dalam batas yang normal atau tidak. Untuk lebih jelasnya, simak jenis keputihan di bawah ini.

1. Keputihan Fisiologis

Apa itu keputihan fisiologis? Keputihan fisiologis merupakan keputihan yang normal dimana keputihan ini biasanya terjadi pada masa subur wanita. Keputihan ini terjadi pada saat sebelum dan sesudah menstruasi.

Ciri-ciri dari keputihan fisiologis adalah munculnya lendir dalam jumlah yang berlebih. Namun tenang saja karena hal ini masih normal. Pasalnya keputihan fisiologis tidak menimbulkan rasa gatal dan bau. Selain itu, keputihan ini juga memiliki warna krem atau bening.

Keputihan fisiologis tidak hanya terjadi pada masa subur saja, melainkan juga bisa terjadi pada wanita hamil. Untuk wanita hamil yang mengalami keputihan, Anda tidak perlu langsung khawatir karena hal ini tidak berpengaruh terhadap kondisi janin.

2. Keputihan Patologis

Keputihan ini masuk dalam jenis keputihan yang tidak normal. Biasanya keputihan ini terjadi ketika vagina sudah terinfeksi penyakit. Keputihan inilah yang berbahaya bagi kesehatan, pasalnya pada bagian vagina mengalami infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri ataupun parasit lainnya.

Jika keputihan ini terjadi pada wanita hamil, hal ini bisa berdampak pada lahirnya bayi dalam kondisi prematur. Selain itu, ada resiko bahwa bayi juga bisa mengalami infeksi yang disebabkan oleh jamur, bakteri ataupun parasit lainnya.

Ciri-ciri dari keputihan ini adalah cairan lendir yang keluar memiliki tekstur yang kental. Selain itu, cairan yang keluar juga memiliki warna putih susu, hijau atau kekuningan. Tidak sampai disitu saja, keputihan ini juga mengakibatkan rasa gatal serta munculnya bau yang tidak sedap.

Apa Penyebab Keputihan Pada Wanita?

Bicara soal penyebab keputihan, ada banyak sekali penyebab keputihan yang terjadi pada wanita. Mau tahu apa saja penyebab keputihan tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Stres

Salah satu penyebab keputihan adalah pikiran yang terlalu banyak hingga menimbulkan stres. Saat wanita mengalami stres maka akan terjadi perubahan hormonal pada tubuhnya. Jika sudah demikian, hal ini bisa berdampak pada munculnya keputihan yang berlebihan.

2. Penggunaan Obat Antibiotik

Wanita yang dalam masa pengobatan dan terutama mengonsumsi antibiotik dalam jangka yang panjang juga bisa mengalami keputihan yang berlebihan. Selain itu, menggunakan pil KB juga bisa berpengaruh terhadap munculnya keputihan pada wanita.

3. Infeksi Virus, Parasit, Bakteri dan Jamur

Terjadinya infeksi virus, bakteri dan berbagai jenis kuman lainnya juga berdampak pada keputihan. Bahkan hal ini juga menandakan bahwa Anda terkena penyakit tertentu.

Jika keputihan yang dialami sudah memiliki ciri-ciri keputihan yang tidak normal, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar Anda bisa mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

4. Makanan

Mengonsumsi makanan juga bisa mengakibatkan keputihan lho. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi dapat mengubah hormon dalam tubuh sehingga berdampak pada keputihan. Jenis makanan ini seperti mentimun yang sangat lezat dijadikan lalapan namun berdampak pada keputihan.

5. Kurang Menjaga Kebersihan Daerah Kewanitaan

Sudahkah Anda menjaga kebersihan daerah kewanitaan dengan benar? Hampir semua wanita tentunya selalu membersihkan daerah kewanitaan setiap hari. Namun, belum tentu mereka membersihkannya dengan benar.

Agar terhindar dari keputihan, pastikan bahwa Anda selalu membersihkan daerah kewanitaan dengan benar. Lalu bagaimana caranya? Caranya adalah dengan tidak menggunakan produk pembersih kewanitaan.

Selain itu, lakukan pembersihan dari depan ke belakang bukan sebaliknya. Dengan demikian, kemungkinan Anda mengalami keputihan yang tidak normal sangatlah kecil.

Kini Anda sudah tahu apa itu keputihan pada wanita. Hal yang harus diingat tentang keputihan adalah jangan pernah menyepelekan setiap ciri-ciri ada keputihan. Pasalnya hal ini bisa berdampak kehidupan jangka panjang Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here