Apa penyebab keputihan berwarna coklat
Apa penyebab keputihan berwarna coklat

Mengalami keputihan pada seorang wanita memang bukanlah hal yang asing lagi. Keputihan bisa terjadi pada semua wanita baik masih muda maupun sudah tua. Keputihan merupakan sebuah cairan lendir yang dikeluarkan oleh vagina, biasanya berwarna bening atau putih susu dan tidak gatal. Sedangkan jika keputihan berwarna coklat dan gatal, maka Anda patut waspada karena dapat mengidentifikasikan penyakit yang berbahaya.

Sedangkan keputihan yang tidak normal biasanya berwarna coklat, kehijauan atau abu-abu. Kondisi ini juga biasanya akan diiringi rasa gatal pada area vagina dan sensasi nyeri terbakar yang akan membuat Anda tidak nyaman. Jumlah volume yang dikeluarkan juga banyak, biasanya serta bau tidak sedap. Beberapa gejala tersebut biasanya merupakan tanda-tanda bahwa Anda mengalami gangguan kesehatan.

Kenapa Anda harus waspada? Apakah berbahaya keputihan yang berwarna coklat? Apa penyebab keputihan berwarna coklat? Apa penyebab keputihan gatal? Jika Anda mengalami hal yang demikian tentu Anda akan merasa khawatir. Nah, berikut ini akan dijelaskan mengenai apa penyebab keputihan berwarna coklat. Simak penjelasan di bawah ini ya!

Keputihan berwarna coklat pada remaja ataupun lanjut usia patut diwaspadai, baik berwarna coklat gelap maupun coklat muda. Perubahan warna keputihan yang normalnya berwarna putih susu atau bening menjadi coklat biasanya mengidentifikasikan kondisi tertentu dan dapat berakibat fatal jika dibiarkan tanpa penanganan yang benar. Oleh karena itu, kenali segera pasti apa penyebab keputihan berwarna coklat, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.

Baca Juga :

Meskipun keputihan berwarna coklat sering terjadi pada saat awal menstruasi dan akhir masa menstruasi dan ini wajar, namun jika keputihan berwarna coklat terjadi secara terus-menerus patut Anda waspadai. Untuk penyebab keputihan berwarna coklat, dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Implantasi Janin

Salah satu penyebab keputihan berwarna coklat selain pada masa awal dan akhir periode menstruasi adalah disebabkan oleh pendarahan akibat implantasi janin. Proses implantasi janin atau pelekatan telur pada dinding rahim setelah dibuahi biasanya akan menimbulkan bercak darah. Bercak darah ini dikenal dengan nama bercak perdarahan implantasi janin yang biasanya berwarna coklat muda, merah muda atau merah.

Keputihan coklat akibat implantasi janin ini tergolong normal dan tidak berbahaya. Biasanya terjadi satu kali setelah proses pembuahan. Dan dapat mengidentifikasikan tanda-tanda kehamilan.

  1. Atrofi Vagina

Atrofi vagina merupakan kondisi dimana Anda sedang mengalami kekurangan hormon estrogen. Biasanya akan mengalami peradangan dan menurunnya produksi cairan lubrikasi. Atrofi vagina ini biasanya terjadi pada wanita yang akan memasuki masa menopause. Gejala yang terjadi biasanya adalah mengeluarkan keputihan berwarna coklat dan merasa kesakitan saat berhubungan badan karena terasa kering.

  1. Polip Rahim

Polip rahim adalah terjadinya pertumbuhan jaringan tidak wajar di dalam endometrium atau dinding rahim. Munculnya polip rahim biasanya ditandai dengan gejala menstruasi yang tidak teratur, pendarahan menstruasi yang berlebihan, keputihan berwarna coklat, infertilitas dan lain sebagainya. bahkan terkadang tanpa munculnya gejala tersebut.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pemeriksaan secara rutin agar dapat mengetahui secara pasti kondisi kesehatan tubuh Anda. Karena meskipun polip rahim ini merupakan jaringan yang bersifat jinak namun tidak memungkinkan bisa berkembang menjadi kanker.

  1. Servisitis

Servisitis atau yang juga dikenal dengan radang pada leher rahim merupakan salah satu gangguan kesehatan yang memungkinkan Anda untuk keputihan berwarna coklat. Pada penderita servisitis, biasanya akan merasakan nyeri pada saat buang air kecil, nyeri saat berhubungan intim serta bisa menyebabkan pendarahan. Oleh karena itu, segera dikonsultasikan kepada dokter agar tidak menyebar menjadi radang panggul.

  1. Kanker Serviks

Selain radang leher rahim, keputihan yang berwarna coklat juga bisa menjadi tanda munculnya kanker serviks. Kanker serviks bisa muncul kapan saja dan kepada siapa saja. Biasanya penderita akan merasakan nyeri ketika berhubungan badan, nyeri pada bawah perut serta terjadi pendarahan. Tidak ada gejala-gejala sebelumnya.

Oleh karena itu, kenali diri Anda sendiri. Cobalah untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk deteksi dini penyakit yang berbahaya.

Nah itulah beberapa jawaban apa penyebab keputihan berwarna coklat. Keputihan yang tidak normal merupakan tanda telah terjadi gangguan kesehatan di dalam tubuh Anda. Oleh karena itu jangan dibiarkan. Segera kenali dan berikan penanganan yang benar atas saran dari dokter agar tidak berkembang menjadi sesuatu yang mengerikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here