Apa penyebab keputihan gatal
Apa penyebab keputihan gatal

Berbicara tentang keputihan tentu Anda sudah tidak asing lagi bukan? Keputihan merupakan sebuah kondisi yang normal dan alami yang dialami oleh banyak wanita. Keputihan atau keluarnya lendir dari dalam vagina  ini dipengaruhi oleh hormon estrogen pada wanita. Lendir ini biasanya berwarna bening, putih, tidak berbau dan tidak gatal.

Namun ada pula keputihan gatal menggumpal. Keputihan yang berwarna selain bening dan putih seperti coklat, abu-abu atau kuning kehijauan serta berbau merupakan keputihan yang tidak normal. Bahkan terkadang  keputihan ini disertai rasa nyeri pada penderitanya.

Akibat keputihan yang tidak normal inilah Anda merasa sering terganggu. Rasa gatal dan nyeri yang ditimbulkan membuat Anda tidak nyaman. Belum lagi kondisi basah yang mengharuskan Anda untuk gonta ganti pantyliner untuk menahannya. Lalu, sebenarnya apa penyebab keputihan gatal?

Penyebab Keputihan Pada Wanita

Keputihan yang normal berfungsi untuk membuang sel-sel yang mati serta untuk membersihkan dari bakteri-bakteri. Pada dasarnya di dalam vagina wanita terdapat dua bakteri yang menjaga keseimbangannya, yaitu lactobacili dan anaerob (bakteri jahat). Saat terjadi peningkatan bakteri anaerob inilah yang sering memicu terjadinya keputihan tidak normal. Selain itu ada pula faktor lain, yaitu:

  1. Trichomoniasis

Selain infeksi bakteri, penyebab keputihan pada wanita adalah trichomoniasis yang biasanya menyebabkan keputihan berwarna hijau, kuning dan berbau busuk. Selain itu, keputihan yang terjadi juga diiringi dengan rasa gatal dan peradangan. Hal ini biasanya disebabkan bergonta ganti pasangan seksual, handuk yang bergantian.

  1. Infeksi Jamur

Selain dikarenakan pertumbuhan bakteri yang tidak terkendali, penyebab keputihan gatal adalah infeksi jamur. Infeksi jamur ini biasanya membuat keputihan gatal menggumpal, terdapat sensasi panas pada vagina dan membuat Anda tidak nyaman. Infeksi jamur ini biasanya terjadi karena beberapa faktor, diantaranya adalah stress, kehamilan, pengaruh obat-obatan, dan diabetes.

  1. Klamidia dan Gonore

Klamidia dan gonore merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual. Bagi penderitanya biasanya mengalami keputihan yang gatal dan berwarna kehijauan. Bergonta ganti pasangan menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit ini.

  1. Radang Panggul

Keluar keputihan yang tidak normal, cenderung berwarna merah atau coklat bisa juga dipengaruhi oleh penyakit radang panggul.pada awalnya bakteri akan menyerang leher rahim namun jika dibiarkan tanpa dilakukan penanganan yang tepat, bakteri dapat menyebar dan menyebabkan penyakit radang panggul ini.

  1. Kanker Serviks

Kanker serviks dapat menyerang wanita siapa saja. Bagi penderita kanker serviks biasanya ditandai dengan keluarnya keputihan yang berwarna coklat dan berbau tidak sedap, terkadang juga disertai pendarahan parah.

Baca Juga :

Nah itulah beberapa hal yang mempengaruhi munculnya keputihan pada seorang wanita. Penyebab keputihan gatal dan solusinya menjadi hal yang terus ditanyakan saat membahas tentang masalah keputihan. Keputihan gatal dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti iritasi kulit akibat penggunaan produk kecantikan, salep, detergen, pembalut atau tisu toilet.

Lalu bagaimana cara mengatasi keputihan gatal menggumpal yang cukup mengganggu ini? Selain menimbulkan basah dan lembab pada vagina, rasa gatal juga akan mendorong Anda untuk berkeinginan menggaruk area vagina dan ini cukup membuat Anda malu.

Nah berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya keputihan yang tidak normal pada diri Anda. Simak penjelasan berikut agar Anda dapat terhindar dari keputihan gatal menggumpal yang menyebalkan:

  1. Rajin membersihkan area vagina, dengan menggunakan sabun yang lembut dengan ph seimbang dan menggunakan air hangat agar Anda merasa nyaman. Terlebih saat Anda sedang menstruasi.
  2. Sebaiknya tidak menggunakan sabun wangi atau sabun kewanitaan karena terkadang malah bisa membunuh bakteri baik yang alami terdapat di dalam vagina. Jika bakteri baik menghilang maka bakteri jahat akan berkembang dan menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan yang dapat memicu munculnya keputihan.
  3. Gunakan celana dalam yang terbuat dari bahan katun yang mudah menyerap keringat agar area vagina tidak lembab karena keringat.
  4. Mengganti celana dalam saat basah agar area vagina tetap kering dan Anda tetap nyaman. Jika tidak, maka setelah buang air kecil atau air besar keringkan dengan handuk yang lembut terlebih dahulu.
  5. Konsumsi makanan sehat dan lakukan pola hidup sehat agar menjaga daya tahan tubuh Anda dengan baik. Dengan daya tahan tubuh yang kuat maka Anda akan jauh lebih sehat karena mampu menahan dari serangan bakteri, jamur maupun serangan virus penyebab penyakit.

Nah setelah mengetahui penyebab keputihan gatal dan solusinya, segera lakukan beberapa hal diatas agar Anda bisa terhindar dari keputihan yang tidak normal. Karena pada dasarnya keputihan akan membuat Anda tidak nyaman, bahkan akan tersiksa dengan celana yang terus basah, bau yang tidak sedap serta gatal dan rasa nyeri yang ditimbulkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here