Cara alami menghilangkan keputihan pada wanita
Cara alami menghilangkan keputihan pada wanita

Setiap wanita pasti tidak bisa luput dari keputihan, baik pada remaja, ibu hamil, hingga wanita dewasa. Sebenarnya keputihan sendiri adalah hal wajar bagi wanita, bahkan keputihan sendiri justru mampu melindungi vagina.

Akan tetapi karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan oleh keputihan, membuat para wanita risih, sehingga ingin segera menghilangkannya. Seperti yang sudah disebutkan, pada dasarnya keputihan tersebut normal, tapi saat jumlah bakteri jahat dalam vagina lebih banyak daripada bakteri baik, hal tersebut bisa menyebabkan keputihan menjadi tidak normal dan semakin mengganggu.

Oleh karena itu, sebelum keputihan Anda menjadi parah dan berbahaya, Anda bisa melakukan 3 cara alami menghilangkan keputihan pada wanita berikut ini:

  1. Memperbaiki Gaya Hidup Menjadi Lebih Sehat

Salah satu faktor yang menyebabkan keputihan biasanya karena kebiasaan-kebiasaan buruk seperti kurang menjaga kebersihan vagina, terlalu sering menggunakan produk untuk organ kewanitaan yang mengandung pewangi, dan lain-lain.

Oleh karena itu, cara alami menghilangkan keputihan pada organ wanita yakni dengan menjaga gaya hidup yang sehat, seperti:

  • Batasi atau hindari penggunaan antiseptik, gel, sabun wangi ataupun douching pada area miss V. Karena produk-produk kewanitaan tersebut malah justru bisa membuat PH dan bakteri dalam vagina tidak seimbang
  • Cara alami menghilangkan keputihan pada wanita yang paling mudah adalah dengan air hangat. Saat mencuci vagina, sebaiknya menggunakan air hangat tapi bukan air panas. Kemudian, keringkanlah dengan handuk secara lembut
  • Gunakanlah celana dalam yang bersih dan tidak terlalu ketat, usahakan untuk menggunakan berbahan dasar katun dan gantilah celana dalam sesering mungkin jika volume keputihan Anda banyak
  1. Menjaga Pola Makan yang Sehat

Cara alami menghilangkan keputihan pada wanita selanjutnya cukup mudah, yakni dengan mengonsumsi makanan tertentu. Ternyata ada beberapa makanan yang bisa memicu munculnya keputihan berlebihan. Beberapa cara menghilangkan keputihan pada organ intim wanita dengan makanan, antara lain:

  • Milk

Dituturkan oleh Dr. Junita terhadap sebuah penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) bahwa susu dengan kandungan laksoterum dan asam laktat terbukti mampu mengurangi berbagai macam keluhan organ intim wanita, seperti vagina gatal dan terasa panas, serta keputihan.

  • Sayuran Hijau

Cara alami menghilangkan keputihan pada wanita berikutnya yaitu dengan mengonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau yang kaya akan nutrisi dan antioksidan mampu menjaga kesehatan tubuh termasuk dalam mengatasi keputihan tidak normal. Sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi seperti, bayam, kangkung, dan lain-lain.

  • Yogurt

Salah satu jenis olahan susu ini juga bisa Anda gunakan untuk mencegah sekaligus menghilangkan keputihan. Dengan kandungan prebiotiknya, yogurt mampu membantu mencegah timbulnya infeksi jamur, dimana dengan mengonsumsi yogurt, jumlah bakteri baik pada vagina akan meningkat sehingga mampu melawan bakteri jahat.

  1. Menggunakan Ramuan Herbal

Indonesia yang kaya akan rempah dan hasil buminya yang ternyata selain bermanfaat untuk urusan kuliner, menjaga kesehatan tubuh, juga bisa menjadi ramuan herbal untuk menghilangkan keputihan. Nah, berikut beberapa cara tradisional tradisional mengatasi keputihan pada wanita:

  • Daun Sirih

Cara alami menghilangkan keputihan pada wanita dengan daun sirih memang paling populer diantara ramuan-ramuan herbal lainnya. Daun sirih yang bersifat antijamur dan antibakteri tersebut mampu membunuh kuman, jamur, dan bakteri penyebab keputihan tidak normal.

Adapun cara mengolah daun sirih sebagai cara alami menghilangkan keputihan pada remaja, yakni sebagai berikut:

  • Siapkan daun sirih secukupnya dan cuci bersih
  • Kemudian rebus daun sirih dengan 2 gelas air putih
  • Tunggu hingga mendidih dan sisa air 1 gelas, lalu angkat
  • Saring air rebusan daun sirih dan diminum setiap hari hingga keputihan abnormalnya menghilang,
  • Kunyit

Salah satu rempah-rempah yang kerap dijadikan bumbu dapur ini ternyata juga sangat baik untuk mengatasi keputihan. Kandungan zat curcuminoid dalam kunyit mampu membersihkan vagina dari jamur dan bakteri, sehingga keputihan abnormal akan hilang.

Baca Juga :

Bagi Anda yang ingin mengolahnya sendiri, berikut cara alami menghilangkan keputihan pada ibu hamil:

  • Siapkan terlebih dahulu 2 rimpang kunyit, 2 sdm madu, dan 1 gelas air
  • Kemudian parut kunyit hingga halus
  • Setelah itu, masukkan kunyit dalam air mendidih
  • Lalu angkat dan saring kunyit tersebut
  • Kemudian tambahkan madu sesuai dengan selera Anda.

Selain itu, sebenarnya ada banyak lagi cara alami menghilangkan keputihan pada wanita, seperti bawang putih, biji ketumbar, daun sambiloto, pisang, dan masih banyak lagi. Namun, kendati demikian, bagi Anda yang suka mengatasi keputihan dengan daun sirih, sebaiknya tidak menggunakannya secara berlebihan agar tidak mempengaruhi keseimbangan asam pada vagina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here