Cara membersihkan keputihan pada wanita
Cara membersihkan keputihan pada wanita

Saat dilanda keputihan, wanita banyak yang merasa bingung. Pasalnya, banyak diantaranya yang masih belum mengetahui bagaimana cara membersihkan keputihan pada wanita secara tepat. Munculnya keputihan ini akan membuat celana selalu basah dan terkadang muncul rasa gatal, sehingga banyak diantaranya yang merasa malu dan risih.

Keputihan sebenarnya merupakan sebuah proses yang alami terjadi pada wanita. Hal ini normal terjadi karena dipengaruhi oleh adanya hormon estrogen pada wanita. Keputihan itu sendiri berfungsi untuk membersihkan organ intim dari bakteri-bakteri dan sel-sel yang mati. Semua itu dikeluarkan dalam bentuk cairan yang terkadang berwarna bening atau putih.

Namun akan berbeda kondisinya jika keputihan yang Anda alami tersebut mengalami peningkatan, baik jumlah frekuensi keluarnya, maupun jumlah volume yang dikeluarkan. Apalagi jika ditambah memiliki bau yang tidak sedap dan berwarna kuning, hijau, atau kecoklatan, maka Anda wajib waspada. Bisa jadi keputihan yang Anda alami tersebut bukanlah keputihan yang normal melainkan indikasi penyakit tertentu.

Penyebab keputihan menjadi tidak normal dipengaruhi oleh banyak factor. Salah satu faktor yang sering memicu munculnya keputihan tidak normal adalah karena terjadi infeksi bakteri dan infeksi jamur. Infeksi bakteri disebabkan oleh bakteri Vaginosis. Selain itu juga bisa disebabkan oleh penyakit menular seksual seperti Gonore, Chlamydia, dan Trikomoniasis. Atau bisa juga disebabkan oleh kanker serviks.

Semua penyakit tersebut bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Oleh karena itu, Anda patut waspada saat dilanda keputihan yang tidak normal. Anda tidak perlu cemas, karena keputihan ini bisa disembuhkan. Berikut ini cara mengatasi keputihan setiap hari yang bisa Anda lakukan dirumah agar bisa terhindar dari bahaya keputihan.

  1. Jaga Vagina Agar Tidak Lembab dan tetap Kering.

Salah satu faktor munculnya jamur dan bakteri penyebab keputihan pada wanita adalah karena kondisi vagina yang sering lembab. Hal ini bisa disebabkan karena penggunaan celana dalam yang terlalu ketat sehingga tidak ada sirkulasi udara yang baik.

Bisa juga disebabkan karena menggunakan celana dalam dengan berbahan tidak katun. Padahal seharusnya menggunakan celana dalam yang berbahan katun karena daya serap yang tinggi serta menjaga sirkulasi udara dengan baik.

Selain itu, cara mengatasi keputihan, Anda juga bisa melakukan kebiasaan tidur tanpa mengenakan celana. Serta basuhlah kemaluan setelah buang air kecil dari depan ke belakang bukan arah sebaliknya. Setelah itu keringkan dengan menggunakan handuk yang lembut , barulah mengenakan celana dalam agar celana dalam Anda tidak basah. Jika basah, maka sebaiknya ganti saja.

  1. Hindari Pemakaian Cairan Pembersih Vagina

Sebenarnya Vagina merupakan organ intim yang memiliki kemampuan untuk bisa membersihkan dirinya sendiri. Melalui keputihan tersebut vagina membersihkan diri dari sel-sel yang mati dan bakteri-bakteri. Secara alami di dalam vagina memang terdapat bakteri baik dan bakteri jahat. Nah, jika Anda sering memakai cairan pembersih wanita dikhawatirkan malah akan merusak keseimbangan alami bakteri yang ada di dalamnya.

Ketidakseimbangan inilah yang akhirnya memicu pertumbuhan bakteri vaginosis yang tidak terkendali yang menyebabkan keputihan tidak normal pada wanita. Cara membersihkan keputihan pada wanita bisa Anda lakukan dengan cara membasuh vagina dengan menggunakan air hangat. Sebaiknya gunakan air saja, tidak usah dengan sabun untuk mengembalikan keseimbangan alami pada vagina.

  1. Hindari Bahan-Bahan Penyebab Iritasi

Keputihan juga bisa terjadi karena iritasi, atau sebaliknya keputihan pada wanita bisa menyebabkan iritasi pada wagina. Beberapa penyebab iritasi diantaranya adalah penggunaan sabun detergen untuk mencuci celana dalam yang memiliki aroma yang kuat, penggunaan pembalut beraroma serta penggunaan tisu toilet yang beraroma, malas ganti pembalut juga bisa menyebabkan iritasi.

  1. Konsumsi Makan Makanan Sehat

Yogurt atau makanan yang tinggi akan kandungan lactobacillus baik untuk menjaga kesehatan organ intim Anda. Selain itu konsumsi nutrisi yang seimbang akan menjaga tingkat imunitas pada diri Anda.

  1. Cuci Pakaian Dalam dengan Air Panas

Gunakan air panas untuk mencuci pakaian dalam . hal ini bertujuan agar mampu membunuh bakteri dan kuman yang menempel pada pakaian dalam tersebut dan membuat hasil cucian lebih bersih.

Baca Juga :

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan di rumah setiap hari untuk menghindari terkena keputihan yang tidak normal. Jaga kebersihan organ intim Anda karena mencegah akan selalu lebih baik daripada mengobati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here