Cara Menangani Keputihan
Cara Menangani Keputihan

Keputihan memang menjadi masalah yang umum dan sudah biasa terutama bagi kaum wanita. Ya, biasanya keputihan ini terjai pada saat pra atau pasca menstruasi. Meskipun keputihan merupakan hal yang normal terjadi pada kaum wanita, namun ada beberapa jenis keputihan yang wajib untuk Anda ketahui.

Keputihan yang normal memiliki warna bening atau putih susu. Selain itu, cairan juga tidak berbau. Hal ini tentu saja berbeda dengan keputihan yang berbau serta memiliki warna kuning atau hijau keabu-abuan. Konsentrasi cairan yang lebih kental dan lengket juga perlu Anda waspadai bahwa keputihan tersebut merupakan keputihan yang tidak normal.

Area Miss V yang terasa gatal dan juga sakit saat digunakan untuk buang air besar juga menjadi indikasi bahwa telah terjadi infeksi di dalamnya. Oleh sebab itu, tidak sedikit wanita yang mencoba untuk mencari cara menangani keputihan yang mereka alami. Mirisnya, tidak sedikit wanita yang mencoba untuk menggunakan berbagai macam produk kewanitaan untuk mengobati keputihan.

Namun, bahan kimia yang ada di dalamnya mungkin saja dapat membahayakan diri Anda sendiri di kemudian hari. Lalu, apakah ada cara yang tepat yang bisa Anda lakukan untuk menangani masalah keputihan yang satu ini? Tentu saja ada, bahkan Anda bisa melakukan cara menangani keputihan di rumah dengan beberapa langkah yang seperti berikut.

  • Cucilah area Miss V dengan menggunakan air hangat secara lembut. Setelah itu, keringkan dengan menggunakan handuk yang lembut atau Anda juga bisa menggunakan tisu dengan cara menepuknya secara lembut hingga kering. Nah, satu hal yang harus diingat yakni, jangan menggosok ataupun mengusap vagian terlalu keras karena bisa menyebabkan iritasi.
  • Jika Anda mengalami keputihan yang terlalu banyak, maka Anda diharuskan untuk mengganti celana dalam sesering mungkin. Hal ini bertujuan agar kelembapan miss V bisa terjaga dengan baik.
  • Langkah selanjutnya untuk mengobati keputihan sendiri ialah jangan menggunakan sabun wangi, antiseptik ataupun gel. Selain itu, jangan pula melakukan douching karena bisa mengganggu keseimbangan pH yang ada di area Miss V. Jika Anda ingin menggunakan sabun pada area miss V Anda, maka gunakanlah sabun tanpa pewangi.
  • Apabila keputihan disebabkan oleh infeksi jamur, Anda bisa mengobatinya dengan menggunakan obat anti jamur yang dapat dimasukkan ke dalam vagina. Obat yang satu ini biasanya berbentuk krim ataupun gel. Namun, jika Anda ingin menggunakan obat yang satu ini, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter ahli agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.
  • Cara menangani keputihan selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan menggunakan kondom atau lebih baik untuk menunda hubungan seksual dengan pasangan satu minggu setelah menjalani pengobatan.
  • Sangat disarankan juga bagi Anda untuk mengkonsumsi yogurt terutama bagi Anda yang sedang menjalani pengobatan antibiotik agar bisa menurunkan infeksi jamur lebih cepat.
  • Nah, langkah terakhir untuk mengobati keputihan secara alami yang perlu Anda perhatikan, jika Anda mengalami keputihan yang tidak normal selama lebih dari satu minggu dan telah melakukan cara-cara diatas, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Keputihan yang tidak normal menjadi hal yang tidak boleh Anda remehkan begitu saja. Terlebih lagi, masalah keputihan yang tidak normal ini mungkin saja merupakan suatu gejala dari penyakit berbahaya yang ada dalam tubuh Anda. Oleh sebab itu, selain haru melakukan beberapa cara menangani keputihan diatas, juga penting bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga :

Nah, agar Anda tidak mengalami keputihan tidak normal, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Apa sajakah itu?

  • Hindari memakai tisu pewangi atau pun bedak pada vagina
  • Pakailah celana dalam yang berasal dari bahan katun agar mudah menyerap keringat
  • Pakailah detergen tanpa pewangi untuk mencuci pakaian milik Anda
  • Pastikan juga bahwa vagian sudah cukup basah sebelum melakukan hubungan seksual
  • Basuhlah vagina dari arah depan ke belakang setelah buang air kecil
  • Cuci tangan Anda, baik sebelum atau pun sesudah menyentuh vagina.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari keputihan yang tidak normal. Namun, jika Anda sudah terlanjur mengalami keputihan, maka cara menangani keputihan diatas wajib untuk Anda lakukan. Jangan lupa juga untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika keputihan belum lekas hilang setelah satu minggu pengobatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here