Cara mengatasi miss V gatal
Cara mengatasi miss V gatal

Sebagai organ vital pada wanita, vagina atau biasa disebut dengan “Miss V” memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi. Oleh karena itu, miss V tersebut sangat rentan terhadap berbagai gangguan dan masalah kesehatan, seperti salah satunya adalah rasa gatal pada miss V.

Meskipun miss V yang gatal tersebut adalah suatu hal yang lumrah yang terjadi pada setiap wanita, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Namun jika terjadi dalam jangka waktu yang lama dan disertai dengan gejala lain, maka sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter.

Penyebab miss V gatal tersebut juga bermacam-macam, sehingga cara mengatasi miss V gatal juga beragam. Penyebab miss V gatal sendiri, seperti infeksi jamur, Penyakit Menular Seksual (PMS), Vaginosis bakteri, penggunaan bahan kimia, menopause, kanker vulva, lichen sklerosis, serta stress.

Baca Juga :

Adapun cara mengatasi miss V gatal sesuai dengan penyebabnya, antara lain sebagai berikut:

  1. Antibiotik

Jika gatal di miss V tak kunjung hilang, maka Anda perlu waspada karena kemungkinan gatal tersebut karena infeksi dari penyakit menular seksual. Jika miss V gatal karena PMS seperti klamidia, herpes, gonore dan trikomoniasis, maka cara mengatasinya bisa menggunakan antibiotik.

  1. Obat Antijamur

Penyebab lain dari miss gatal adalah karena infeksi jamur atau biasa juga disebut dengan kandidiasis vagina. Infeksi jamur tersebut biasanya tumbuh secara berlebihan pada vulva dan vagina. Selain menyebabkan miss V gatal dan mengeluarkan cairan, infeksi jamur tersebut lebih sering terjadi pada ibu hamil, ataupun sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Adapun cara mengatasi miss V gatal karena infeksi jamur bisa menggunakan obat-obatan antijamur yang dikonsumsi ataupun krim yang dioleskan pada miss V.

  1. Tablet atau Krim Estrogen

Saat memasuki masa menopause, biasanya juga akan mengakibatkan miss V gatal. Setiap wanita yang sudah berusia lanjut tentu akan mengalami fase menopause tersebut. Jika saat menopause miss V terasa sangat gatal, Anda bisa mengobatinya dengan obat gatal pada miss V di apotik berupa estrogen.

Cara mengatasi miss V gatal dengan estrogen bisa Anda gunakan sebagai krim yang dioleskan pada vagina atau dengan tablet yang dikonsumsi.

  1. Obat Antihistamin

Jika miss V gatal karena alergi, Anda bisa mengatasinya dengan obat-obatan antihistamin. Akan tetapi sebaiknya Anda menggunakan antihistamin tersebut sesuai dosis dan jangan berlebihan.

  1. Obat Tradisional

Selain mengobati vagina dengan berbagai obat-obatan, Anda juga bisa mengatasinya dengan ramuan herbal. Nah berikut beberapa cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami:

  1. Minyak Kelapa

Cara mengatasi miss V gatal yang paling mudah adalah dengan menggunakan minyak kelapa murni. Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil tersebut bisa mengatasi vagina gatal karena disebabkan oleh infeksi kandida, eksim, dan bakterial vaginosis.

Minyak kelapa murni mampu mengatasi miss V gatal karena mengandung asam laurat yang ampuh dalam menghambat pertumbuhan dari infeksi bakteri serta menutrisi kulit yang rusak akibat terkena eksim.

  1. Cuka Sari Apel

Cara mengatasi miss V gatal karena disebabkan oleh infeksi bakteri atau pun jamur. Bahkan menurut riset dari beberapa ilmuwan di Bulgaria menunjukkan bahwa kandungan asam asetat di dalamnya sangat berkhasiat dalam menghancurkan jamur.

Tapi sebaiknya Anda memilih cuka apel yang mentah dan tidak melewati proses penyaringan.

  1. Bawang Putih

Rempah-rempah khas Indonesia selain sebagai bumbu dapur juga sangat ampuh untuk mengatasi gatal pada vagina. Meskipun banyak yang tidak menyukai bau menyengat dari bawang putih tersebut, tapi ternyata bawang putih sangat efektif dalam mengatasi miss V gatal akibat infeksi kuman.

Kandungan antijamur dalam bawang putih mampu berperan sebagai antibiotik sehingga efektif dalam mengobati infeksi candida dan mampu meredakan infeksi pada vulva.

  1. Yogurt

Nah, bagi Anda yang menyukai yogurt, Anda bisa mengonsumsi yoghurt untuk meredakan rasa gatal dan bengkak pada miss V. Selain dikonsumsi, Anda juga bisa menggunakan yogurt mentah dengan dioleskan pada vagina. Lakukanlah pengobatan tersebut sebanyak 2 kali sehari hingga rasa gatalnya hilang.

Rasa gatal pada miss V tersebut memang sangat membuat wanita tidak nyaman, tapi jika masih terjadi dalam waktu singkat, sebaiknya jangan segera menggunakan obat-obatan. Cukup dengan selalu menjaga kebersihan miss V agar gatalnya tidak kambuh lagi. Jika ingin mengobati, perhatikan dahulu penyebabnya agar cara mengatasi miss V gatal tepat dan mujarab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here