Keputihan merupakan hal yang normal dialami oleh wanita. Namun, apabila keputihan sudah mengeluarkan bau yang tidak sedap dan amis, apakah hal tersebut masih dikatakan normal? Tentu saja tidak, bahkan hal ini bisa jadi sebagai salah satu tanda ada masalah pada organ kewanitaan Anda. Inilah saat dimana Anda membutuhkan cara menghilangkan keputihan yang bau yang bisa langsung dipraktekkan.

5 Akibat keputihan gatal Ini Yang Akan Terjadi Jika Anda Menyepelekannya

Apa Sih Penyebab Keputihan Berbau?

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan keputihan menimbulkan bau, dan jika ini didiamkan begitu saja bisa berdampak pada kesehatan organ kewanitaan Anda. Bahkan keputihan yang berbau juga bisa dikategorikan sebagai keputihan abnormal lho. Berikut ini adalah beberapa penyebab keputihan berbau yang harus Anda tahu.

  1. Bakteri

Keputihan yang berbau bisa disebabkan oleh bakteri yang bernama Vaginosis bakterialis. Bakteri ini bisa menimbulkan bau amis pada keputihan, tidak hanya itu saja, bahkan keputihan juga memiliki warna yang tidak normal seperti keabu-abuan.

  1. Protozoa

Infeksi yang terjadi karena parasit ini biasanya mengakibatkan penyakit menular seksual. Selain itu, penularannya juga biasanya terjadi karena berhubungan seksual dengan gonta-ganti pasangan. Biasanya keputihan ini memiliki ciri-ciri warna kuning kehijauan.

  1. Jamur

Infeksi jamur juga bisa mengakibatkan keputihan berbau. Biasanya keputihan yang terjadi karena infeksi jamur memiliki ciri-ciri baunya yang tidak sedap serta warnanya yang mirip dengan keju cair.

Perlu diingat bahwa keputihan yang berbau bisa berdampak pada kesehatan organ kewanitaan. Untuk itu Anda butuh cara menghilangkan keputihan yang bau. Bagaimana caranya? Apakah cara ini aman?

Caranya sangat mudah dan dijamin aman, pasalnya ini adalah cara menghilangkan keputihan secara alami tanpa obat yang dijamin aman dan tanpa efek samping. Mau tahu apa saja cara menghilangkan keputihan yang bau? Simak selengkapnya di bawah ini.

  1. Minyak Kelapa

Kebanyakan orang menggunakan minyak kelapa sebagai bahan masakan di dapur. Namun, tahukah Anda jika minyak kelapa bisa digunakan untuk menghilangkan keputihan yang bau? Ini karena minyak kelapa bisa membunuh bakteri, jamur dan protozoa yang menyebabkan infeksi pada vagina.

Bahkan sebuah riset dari Journal of Medicinal Food juga sudah membuktikan bahwa minyak kelapa murni mengandung tea tree yang bisa mengatasi keputihan. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan merendam tampon ke dalam minyak kelapa. Setelah direndam, masukan tampon ke dalam vagina. Lakukan hal tersebut hingga keputihan yang bau hilang.

  1. Cuka Apel

Manfaat cuka apel sudah terbukti bagi kesehatan, salah satunya digunakan untuk menghilangkan keputihan yang bau. Ini karena cuka apel mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh kuman penyebab keputihan berbau.

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan memasukkan cuka apel dan minyak kelapa ke dalam air hangat. Rendamlah daerah kewanitaan Anda selama kurang lebih 20 menit. Agar hasilnya lebih optimal maka Anda perlu melakukannya terus menerus hingga keputihan yang bau hilang.

  1. Daun Sirih

Cara menghilangkan keputihan dengan menggunakan daun sirih bukan lagi rahasia umum. Daun sirih memang dipercaya sangat ampuh untuk menjaga organ kewanitaan. Adapun cara menghilangkan keputihan dengan daun sirih adalah dengan merebus daun sirih, kemudian gunakan air rebusan ini untuk membersihkan organ kewanitaan hingga keputihan tidak lagi berbau.

  1. Yogurt

Tidak hanya lezat dikonsumsi, namun yogurt juga bisa digunakan untuk menghilangkan keputihan yang bau. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan rajin mengonsumsi yoghurt secara teratur, dengan begitu keputihan tidak lagi berbau.

  1. Jahe

Bumbu dapur yang satu ini ternyata juga sangat ampuh untuk menghilangkan keputihan yang bau lho. Ini karena jahe memiliki kandungan senyawa yang bisa menangkal radikal bebas serta infeksi bakteri dan virus.

Adapun cara menghilangkan keputihan dengan jahe adalah dengan merebusnya dengan segelas air. Tambahkan gula batu dan minum selagi hangat. Minum ramuan ini secara teratur hingga bau pada keputihan hilang.

Ada banyak sekali cara menghilangkan keputihan yang bau yang bisa Anda coba. Tentunya cara yang sudah disebutkan di atas merupakan cara yang aman dan tanpa efek samping. So, jika ada bahan yang alami dan tanpa efek samping, lebih baik gunakan 5 cara yang sudah disebutkan tadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here