Rasanya semua wanita akan setuju jika dikatakan bahwa setiap dari mereka pernah mengalami yang namanya keputihan. Keputihan adalah sebuah cairan atau lendir yang memiliki tekstur cair dan kental dengan warna putih kekuningan yang keluar dari dalam vagina.

Keputihan sejatinya merupakan hal yang wajar pada setiap wanita. Sayangnya, keputihan tidak jarang memberikan rasa yang tidak nyaman karena daerah kewanitaan akan terasa becek dan lebih lembab. Itulah mengapa sebagai wanita Anda sebaiknya paham tentang cara menghindari keputihan.

Keputihan Bau? 5 Cara Menghilangkan Keputihan Yang Bau Ini Dijamin Cepat Dan Tanpa Efek Samping

Namun sebelumnya, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa penyebab keputihan. Penyebab tersebut bisa karena makanan, atau pola hidup yang tidak sehat. Adapun beberapa makanan penyebab keputihan seperti di bawah ini.

  1. Mentimun

Mentimun merupakan salah satu jenis buah yang mengandung senyawa yang mampu meningkatkan produksi hormon esterogen. Semakin banyak mentimun yang dimakan, maka akan semakin banyak pula lendir yang dihasilkan oleh hormon ini.

  1. Tape singkong

Tape singkong juga berpengaruh terhadap produksi lendir oleh vagina. Hal ini juga yang menjadikan tape singkong sebagai salah satu makanan penyebab keputihan.

  1. Telur

Telur dikenal sebagai salah satu makanan yang mengandung banyak protein. Sayangnya mengonsumsi telur dalam jumlah yang berlebihan juga bisa meningkatkan produksi lendir vagina.

1. Gula

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula lebih berpotensi untuk meningkatkan keputihan.

Beberapa makanan di atas tentunya harus Anda hindari sebagai salah satu cara menghindari keputihan. Selain menghindari keempat makanan di atas, masih ada lagi cara menghindari keputihan yang harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan diantaranya adalah sebagai berikut:

2. Jangan Gunakan Cairan Pembersih Kewanitaan

Memang saat ini banyak sekali iklan-iklan yang memperkenalkan produk cairan pembersih kewanitaan dengan embel-embel membuat lebih kesat atau lain sebagainya. Tahukah Anda jika menggunakan cairan tersebut bisa mengakibatkan pH daerah kewanitaan tidak stabil?

Padahal sejatinya vagina memiliki cara tersendiri untuk membersihkan diri. Lebih baik untuk membersihkan daerah kewanitaan Anda mencoba menggunakan cara yang alami seperti daun sirih yang lebih aman.

3. Jangan Menggunakan Pelumas Saat Berhubungan Intim

Banyak orang yang beranggapan menggunakan minyak pelumas saat berhubungan intim bisa membuat vagina menjadi lebih licin dan mudah untuk dimasuki. Padahal minyak ini bisa membawa virus dan bakteri yang sangat berbahaya bagi vagina. Hal ini juga yang mengakibatkan vagina mengalami keputihan.

4. Bersihkan Organ Kewanitaan dengan Tepat

Menjaga kebersihan organ kewanitaan juga menjadi salah satu cara mencegah keputihan. Tentunya Anda harus menjaga kebersihan organ kewanitaan dengan benar. Misalnya saja seperti membersihkannya dari arah depan ke belakang, bukan sebaliknya.

Selain itu, pastikan pula Anda tidak membersihkan vagina dengan menggunakan tisu atau kain secara berlebihan. Pasalnya hal ini bisa menyebabkan terjadinya kontaminasi bakteri yang ada di luar dengan bagian dalam.

5. Tidak Berhubungan Intim Saat Keputihan

Bagi wanita yang sedang mengalami keputihan, sangat dianjurkan untuk tidak melakukan hubungan intim. Mengapa demikian? Ini karena melakukan hubungan intim pada saat keputihan bisa menyebabkan keputihan menjadi semakin parah. Bahkan hal ini juga beresiko pada munculnya penyakit yang berbahaya.

6. Jangan Menggunakan Pakaian Ketat

Menggunakan pakaian ketat khususnya di area bawah ternyata bisa menyebabkan keputihan. Ketika pakaian yang digunakan terlalu ketat, maka udara tidak akan bisa masuk ke daerah intim. Hal ini juga yang beresiko mengakibatkan pertumbuhan bakteri menjadi semakin cepat, alhasil keputihan pun terjadi.

7. Rajin Ganti Pembalut Saat Menstruasi

Hal yang harus dilakukan oleh seorang wanita adalah rajin membersihkan organ intim terutama saat menstruasi. Ada baiknya Anda menjaga kebersihan kewanitaan dua kali lipat ketika sedang menstruasi.

Cara yang paling mungkin untuk Anda lakukan ialah dengan mengganti pembalut empat jam sekali. Dimana hal tersebut bisa membantu mencegah pertumbuhan dan perkembangan bakteri dan virus dalam pembalut. Alhasil vagina juga terhindar dari keputihan.

8. Minum Air Putih yang Cukup

Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup yakni 8 gelas setiap hari ternyata juga bisa dijadikan sebagai cara menghindari keputihan. Pasalnya air putih sangat diperlukan oleh tubuh untuk melakukan serangkaian metabolisme yang ternyata juga berpengaruh dengan kewanitaan dan keputihan.

Beberapa cara menghindari keputihan di atas bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ingat! Kenali keputihan Anda, jika keputihan abnormal, maka segera cari cara mengobati keputihan abnormal, bahkan jika perlu segera bawa ke dokter untuk pemeriksaan yang lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here