Cara mengurangi keputihan pada wanita
Cara mengurangi keputihan pada wanita

Mengalami keputihan pada wanita memang bukanlah hal yang membingungkan. Keputihan merupakan suatu kondisi yang wajar dan alami yang terjadi pada wanita. Biasanya keputihan muncul saat akan menstruasi atau setelah menstruasi. Peristiwa ini berguna untuk membersihkan organ reproduksi dari bakteri-bakteri dan sel-sel jaringan yang telah mati.

Lendir keputihan yang muncul biasanya berwarna putih susu atau bening. Jumlah volumenya tidak terlalu banyak, tidak menimbulkan rasa gatal serta tidak berbau. Jadi, terkadang Anda pun suka tidak terasa jika Anda sedang keputihan.

Berbeda halnya jika Anda mengalami keputihan abnormal. Keputihan ini biasanya memiliki jumlah volume yang lebih banyak yang menyebabkan area vagina menjadi lebih basah dan lembab.sehingga Anda harus sering berganti celana dalam untuk tetap menjaga rasa nyaman. Anda juga terkadang harus memaki pentyliner untuk menahannya.

Bahkan keputihan abnormal terkadang menimbulkan rasa nyeri dan rasa gatal yang menyiksa. Mau tidak mau keinginan untuk menggaruk akan menyelimuti hari-hari Anda sepanjang melakukan aktivitas. Tentu saja hal ini sangat mengganggu dan membuat Anda malu. Belum lagi ditambah baunya yang tidak sedap membuat Anda kurang percaya diri. Sehingga tidak mengherankan jika banyak yang mencari cara mengobati keputihan abnormal.

Banyak cara yang dilakukan untuk bisa mengobati keputihan abnormal ini. Ada yang berobat ke dokter ada pula yang menggunakan bahan-bahan alami seperti cara menghilangkan keputihan dengan daun sirih. Daun sirih dipercaya memiliki kandungan antibakteri yang tinggi yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan pada area kewanitaan.

Cara menggunakan daun sirih sebagai cara mengurangi keputihan pada wanita pun cukup mudah. Siapkan beberapa lembar daun sirih kemudian rebus dengan menggunakan air yang bersih. Nah, gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk mencuci vagina saat selepas buang air kecil. Hal ini untuk menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang dapat menyebabkan keputihan pada wanita.

Selain daun sirih, kunyit juga dipercaya mampu digunakan sebagai cara mengurangi keputihan pada wanita. Bedanya dengan daun sirih adalah jika air rebusan daun sirih digunakan untuk cebok, air rebusan kunyit digunakan dengan cara mengonsumsinya. Setidaknya dilakukan 2 kali satu hari untuk melawan serangan bakteri, jamur atau virus penyebab keputihan pada wanita.

Baca Juga :

Selain mengonsumsi obat-obatan baik herbal maupun obat dari dokter, sebenarnya ada cara lain yang bisa digunakan untuk mengurangi keputihan pada wanita lho. Jika kebiasaan mudah ini bisa Anda lakukan setiap hari, niscaya keputihan tak akan datang menghampiri. Penasaran apa saja kebiasaan yang dapat digunakan sebagai cara mengurangi keputihan pada wanita? Simak penjelasan berikut ini ya!

  1. Menjaga Area Vagina tetap Kering dan Tidak Lembab

Salah satu yang memicu pertumbuhan bakteri yang tidak terkontrol adalah karena area vagina yang lembab. Hal ini bisa dikarenakan celana dalam yang sudah basah namun tetap dipakai atau menggunakan celana dalam yang terbuat dari bahan yang tidak mudah menyerap keringat.

Oleh karena itu, sebaiknya ganti celana dalam Anda jika dirasa sudah basah agar miss V tetap kering dan tidak lembab. Gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan setelah buang air kecil atau buang air besar.

Gunakan celana dalam yang tidak ketat serta terbuat dari bahan katun agar mudah menyerap keringat. Dengan menjaga kebiasaan baik ini, pertumbuhan bakteri penyebab keputihan akan jauh lebih terkontrol.

  1. Rajin Berolahraga dan Konsumsi Makanan Sehat

Salah satu cara menjaga agar tubuh tetap sehat adalah rajin berolahraga dan mengonsumsi makan makanan yang sehat serta tidak banyak mengandung lemak. Dengan tubuh yang sehat, maka daya tahan tubuh Anda akan semakin baik dan aman dari serangan virus atau bakteri penyebab penyakit.

  1. Gunakan Kondom Saat Berhubungan Badan

Salah satu penyebab keputihan yang tidak normal adalah disebabkan oleh penyakit menular seksual seperti Gonorre dan Trichomoniasis yang penularannya melalui kontak hubungan seksual. Dengan memakai kondom resiko ini dapat dikurangi.

  1. Hindari Penggunaan Sabun Wangi

Cara mengurangi keputihan pada wanita yang bisa Anda lakukan adalah tidak memakai produk kecantikan berupa sabun wangi untuk area vagina. Karena terkadang pH-nya tidak sesuai dengan Anda serta dapat membunuh semua bakteri baik bakteri baik maupun yang jahat. Sehingga akan lebih mudah terserang jamur atau bakteri penyebab penyakit.

  1. Tidur Tanpa Memakai Celana Dalam

Dengan tidur tanpa celana dalam, miss V akan memiliki ruang untuk bernafas lega. Hal ini jauh lebih sehat serta membuat peredarah darah menjadi lancar, serta dapat menghindarkan dari munculnya keputihan.

Bagaimana menurut Anda? Ternyata beberapa hal yang mudah untuk dilakukan setiap hari ternyata sebagai cara mengurangi keputihan pada wanita. Semoga bermanfaat dan semangat untuk hidup sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here