Cara menyembuhkan keputihan yang gatal

Sepertinya sudah bukan rahasia lagi bahwa setiap wanita pasti mengalami keputihan. Akan tetapi pada setiap wanita tentunya mengalami jenis keputihan yang berbeda-beda, karena disebabkan oleh berbagai faktor.

Reaksi dari keputihan sendiri biasanya sangat beragam, mulai dari bau yang menyengat, rasa panas seperti terbakar pada vagina, rasa nyeri saat berhubungan intim dan buang air kecil, hingga menyebabkan vagina gatal.

Vagina yang gatal karena keputihan merupakan salah satu tanda dari suatu penyakit atau gangguan kesehatan vagina karena jamur maupun bakteri. Oleh karena itu, untuk menghilangkan rasa gatal tersebut, yuk lakukan 5 cara menyembuhkan keputihan yang gatal dengan bahan-bahan tradisional berikut ini:

  1. Kunyit
Cara menyembuhkan keputihan yang gatal dengan kunyit
Cara menyembuhkan keputihan yang gatal dengan kunyit

Rempah-rempah khas Indonesia ini sudah terdengar akrab bagi kaum hawa. Pasalnya, selain digunakan sebagai bumbu masakan khas Indonesia, juga dikenal manfaatnya untuk mengatasi nyeri saat menstruasi. Tapi ternyata, selain itu, kunyit juga bisa menjadi salah satu cara menyembuhkan keputihan yang gatal secara ampuh.

Dengan kandungan zat antibakterinya, mampu membantu dalam menghilangkan keputihan gatal, bau dan berlebih. Sebagai ramuan herbal yang juga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung untuk mengatasi keputihan Anda atau dengan cara dijadikan minuman herbal.

Berikut cara alami menyembuhkan keputihan yang gatal dengan bantuan kunyit:

  • Siapkan 2 ruas kunyit, lalu kupas dan cuci hingga bersih
  • Kemudian parut kunyit hingga halus
  • Setelah itu tambahkan dengan sedikit air dan peras sarinya
  • Bagi Anda yang suka manis, Anda bisa menambahnya dengan 1 sdm madu
  • Minumlah secara rutin 2 kali sehari agar keputihan gatal segera hilang
  1. Bawang Putih
Cara menyembuhkan keputihan yang gatal dengan bawang putih
Cara menyembuhkan keputihan yang gatal dengan bawang putih

Cara menyembuhkan keputihan yang gatal berikutnya juga tak kalah mudah dan ampuh dari kunyit. Ya, salah satu bumbu dapur khas Indonesia ini memang tidak semua wanita menyukainya. Karena baunya yang menyengat, membuat sebagian wanita enggan untuk menjadikannya sebagai obat herbal.

Padahal, bawang putih tersebut memiliki banyak manfaat, termasuk dalam mengatasi keputihan pada wanita. Bawang putih yang mengandung nutrisi dan senyawa kimia yang bersifat antijamur dan antibakteri tersebut mampu menghilangkan keputihan dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegah bakteri masuk ke dalam vagina, sehingga tidak akan menyebabkan infeksi pada vagina.

Adapun cara menyembuhkan keputihan yang gatal secara alami dengan kunyit bisa sebagai pengobatan herbal dengan cara rutin dalam mengonsumsi bawang putih.

  1. Biji Ketumbar
Cara menyembuhkan keputihan yang gatal dengan biji ketumbar
Cara menyembuhkan keputihan yang gatal dengan biji ketumbar

Selain bawang putih ternyata rempah-rempah ini juga bisa menjadi cara menyembuhkan keputihan yang gatal. Caranya juga cukup mudah, yaitu:

  • Siapkan setengah cangkir biji ketumbar
  • Kemudian rendamlah dalam segelas air selama semalam
  • Lalu minumlah air rendaman tersebut keesokan harinya sebelum Anda makan atau minum sesuatu.
  1. Rebusan Jahe
Cara menyembuhkan keputihan yang gatal dengan rebusan jahe
Cara menyembuhkan keputihan yang gatal dengan rebusan jahe

Satu lagi rempah asli Indonesia yang sudah kondang khasiatnya dan berbagai olahannya mudah ditemukan di berbagai produk, seperti kopi jahe, susu jahe, jahe bubuk, dan lain-lain.

Ya, selain untuk menyehatkan dan menghangatkan tubuh, cara menyembuhkan keputihan yang gatal juga bisa menggunakan air rebusan jahe. Kandungan senyawa gingerol dan senyawa bioaktif lainnya dalam jahe yang bersifat antioksidan juga mampu mengatasi infeksi vagina yang disebabkan oleh bakteri.

Adapun cara menyembuhkan keputihan yang gatal dan berbau dengan olahan jahe sangatlah mudah, yakni:

  • Siapkan 2 ruas jahe dan cuci hingga bersih
  • Lalu rebuslah dalam gelas air hingga mendidih
  • Kemudian angkat dan saring air rebusan tersebut
  • Minumlah saat masih hangat, Anda juga bisa menambahkan madu sesuai dengan selera Anda.
  1. Pisang
Cara menyembuhkan keputihan yang gatal dengan pisang
Cara menyembuhkan keputihan yang gatal dengan pisang

Tak hanya rempah dan bumbu dapur saja yang bisa Anda gunakan sebagai obat tradisional mengatasi keputihan yang gatal. Tapi ternyata buah pisang yang mudah ditemui di Indonesia dan beragam jenisnya juga bisa dijadikan sebagai alternatif lain cara menyembuhkan keputihan yang gatal.

Baca Juga :

Selain mudah dikonsumsi dan rasanya enak, kandungan nutrisinya yang beragam juga ampuh dalam mengatasi keputihan yang tidak normal. Caranya cukup dengan Anda rajin mengonsumsinya setiap hari, bisa dimakan langsung, diolah menjadi jus, campuran pada minuman dan berbagai olahan lainnya.

Oh iya, selain mengatasi keputihan dengan rempah-rempah khas Indonesia, cara menyembuhkan keputihan yang gatal yang paling mudah tapi sering diabaikan adalah air putih. Bagi Anda yang mengalami keputihan abnormal, jangan lupa untuk sering mengonsumsi air putih dan cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here