Keputihan Tak Akan Datang Lagi, Inilah Cara Untuk Menghilangkan Keputihan yang Bisa Dilakukan Sehari-Hari
Keputihan Tak Akan Datang Lagi, Inilah Cara Untuk Menghilangkan Keputihan yang Bisa Dilakukan Sehari-Hari

Banyak wanita yang merasa kebingungan mencari cara untuk menghilangkan keputihan. Meskipun pada dasarnya keputihan adalah hal yang normal dan baik untuk kesehatan organ reproduksi, tapi kondisi ini lebih banyak menimbulkan perasaan tidak nyaman.

Sebetulnya, keputihan adalah salah satu bentuk pertahanan tubuh untuk menjaga kesehatan organ intim. Keputihan yang tergolong normal berwarna putih susu ataupun jernih. Serta tidak menimbulkan bau. Kadarnya akan meningkat seiring dengan masuknya masa subur ataupun ketika menyusui.

Ada banyak cara mengatasi masalah ini. Salah satunya yaitu cara menghilangkan keputihan alami tanpa obat. Anda bisa melakukannya secara mandiri, antara lain:

  1. Mengompres air dingin jika keputihan menimbulkan gatal dan bengkak
  2. Menggunakan kondom saat berhubungan seksual sepekan setelah dilakukan pengobatan
  3. Bila keputihan yang abnormal berlangsung lebih dari sepekan, maka segera periksa ke dokter
  4. Keputihan yang disertai gatal, luka, atau kemerahan bisa jadi mengindikasikan penyakit tertentu. Rujuk ke pelayanan kesehatan jika mengalami hal ini.

Keputihan yang keluar setiap hari akan sangat mengganggu. Bahkan, bisa membuat Anda kurang percaya diri melakukan aktivitas harian. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara menghilangkan keputihan setiap hari pada ulasan berikut:

  1. Jaga vagina tetap kering dan hindari kelembaban. Anda bisa melakukan hal ini untuk menjaga vagina tetap kering:
  • Menggunakan celana yang tidak ketat dan jangan sering-sering memakai stoking.
  • Pilihlah celana dalam dengan bahan katun dan non sintetis. Bahan katun akan memungkinkan udara bisa keluar masuk ke vagina sehingga tidak menimbulkan kelembaban.
  • Jangan mengenakan celana dalam saat tidur pada malam hari.
  • Membasuh kemaluan dengan arah yang benar yaitu dari depan ke belakang. Jangan lakukan sebaliknya.
  1. Tidak Perlu Menggunakan Cairan Pembersih Vagina

Vagina adalah organ yang mampu membersihkan dirinya sendiri. Penggunaan cairan pembersih vagina akan menyebabkan resiko rusaknya keseimbangan alami dari jamur dan bakteri di dalamnya. Akibatnya akan muncul vaginosis bacterial. Cukup gunakan air hangat dan sabun yang beraroma lembut. Namun, lebih baik untuk menggunakan air hangat saja.

  1. Hindari Pemakaian Parfum

Keseimbangan jamur dan bakteri dalam vagina bisa rusak akibat penggunaan parfum maupun bedak. Untuk itu, sebaiknya Anda hindari pemakaian kedua benda tersebut.

  1. Jangan Gunakan Benda-Benda Beraroma Pada Vagina

Vagina bisa terkena iritasi sehingga mengeluarkan cairan yang abnormal jika menggunakan benda seperti: pelembut atau detergen dengan aroma yang kuat saat mencuci celana dalam, pembalut berparfum, serta tisu toilet beraroma. Anda sebaiknya menghindari bahan-bahan tersebut.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Pola hidup yang sehat bisa menghindarkan dari berbagai penyakit, termasuk keputihan abnormal. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah mengonsumsi makanan sehat dengan nutrisi yang seimbang.

  1. Mengonsumsi Suplemen Dengan Kandungan Lactobacillus

Lactobacillus adalah bakteri baik yang mampu menjaga kesehatan usus dan vagina. Anda bisa mengonsumsi suplemen atau yoghurt untuk menunjang kesehatan organ intim.

  1. Jangan Terlalu Sering Berendam di Air Panas

Kondisi yang hangat bisa menyebabkan pertumbuhan jamur menjadi lebih luas. Jangan terlalu sering berendam di air hangat agar keputihan tidak semakin menjadi-jadi.

  1. Cucilah Pakaian Dalam Menggunakan Air Hangat

Tak cukup mencuci pakaian dalam hanya menggunakan air biasa dan deterjen. Bisa jadi, bakteri yang ada di dalamnya tidak mati. Gunakan air hangat untuk mencuci pakaian dalam agar bakteri bisa musnah secara total.

  1. Anda Harus Mengganti Pembalut Secara Berkala Saat Haid

Menggunakan pembalut dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan area vagina menjadi lebih lembab, sehingga bakteri akan berkembang dengan baik di tempat tersebut. Keputihan pun akan menjadi berbau dan gatal.

Baca Juga :

Nah, cara menghilangkan keputihan secara tuntas hanya bisa dilakukan jika Anda memenuhi poin-poin di atas. Sebab, kebiasan yang baik yang dilakukan secara terus menerus tidak akan membuat bakteri datang lagi. Anda pun akan terhindar dari gangguan keputihan setiap hari.

Percuma saja jika Anda mengobati keputihan dengan bahan alami maupun obat kimia tapi tidak kunjung merubah kebiasaan buruk. Mulai sekarang, terapkan kebiasaan baik seperti yang telah dibahas tadi.

Apalagi yang lebih baik dari mencegah sebelum mengobati?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here