Ciri-ciri keputihan normal
Ciri-ciri keputihan normal

Keputihan memang suatu hal yang lumrah terjadi pada setiap wanita. Mulai dari pertama kali wanita mengalami menstruasi hingga masa menopause, setiap wanita tentu mengalami keputihan.

Penyebab dari keputihan sendiri sangatlah beragam, mulai dari faktor hormonal, kurang terjaganya area Miss V, jamur, bakteri, hingga karena berbagai penyakit. Dari berbagai penyebab tersebut, keputihan dibagi menjadi keputihan normal atau fisiologis serta keputihan abnormal atau patalogis.

Keputihan sendiri sebenarnya berfungsi dalam melindungi vagina, membersihkan vagina, dan membasahi vagina. Sehingga selama keputihan yang Anda alami masih wajar, hal tersebut malah menunjukkan fungsi tubuh yang sehat.

Lalu sebenarnya bagaimanakah ciri-ciri keputihan normal pada wanita? Untuk keputihan normal biasanya muncul karena disebabkan oleh stress berlebihan, kelelahan setelah olahraga, saat meningkatnya gairah seksual seseorang, masih dalam menggunakan pil KB, masa subur, saat menjelang menstruasi dan setelah menstruasi.

Jadi jika Anda mengalami keputihan karena dipengaruhi oleh beberapa faktor tersebut, jangan langsung panik dan menggunakan obat ini-itu. Nah, agar lebih jelas, yuk simak beberapa ciri-ciri keputihan normal dan tidak berbahaya berikut ini:

  1. Warna

Keputihan yang normal biasanya akan memiliki warna putih jernih atau bening. Namun ketika mengering, warna keputihan tersebut akan berubah menjadi kekuningan. Jika Anda mengalami keputihan selain warna tersebut, maka kemungkinan merupakan tanda dari gangguan kesehatan tubuh dan vagina, seperti iritasi maupun infeksi.

Jika Anda mengalami ciri-ciri keputihan normal seperti itu, jangan khawatir, karena itu berarti tidak berbahaya. Namun meskipun tidak berbahaya, pastikan Anda tetap menjaga kesehatan dan kebersihan vagina. Usahakan juga untuk selalu mengeringkan vagina setelah mandi ataupun buang air besar dan kecil.

  1. Jumlah

Ciri-ciri keputihan normal selanjutnya bisa Anda lihat dari jumlah keputihan yang keluar. Banyaknya keputihan pada keputihan yang normal bervariasi, ada yang sedikit dan cukup banyak. Namun biasanya wanita yang tengah memasuki fase ovulasi akan mengalami keputihan normal dalam jumlah yang cukup banyak.

Jumlah keputihan yang banyak biasanya juga menjadi ciri-ciri keputihan normal pada remaja, terutama pada saat remaja tersebut memasuki masa pubertas. Karena jumlah keputihan juga biasanya akan meningkat saat lelah karena beraktifitas atau berolahraga dan saat gairah seksual sedang meningkat.

Nah, bagi Anda yang mengalami keputihan dalam jumlah banyak, untuk menghindari tumbuhnya jamur dan bakteri pada vagina, sebaiknya Anda sering untuk mengganti celana dalam setiap kali celana dalam tersebut basah.

  1. Tekstur

Tidak hanya dilihat pada jumlah dan warnanya saja, ciri-ciri keputihan normal juga bisa Anda lihat dari tekstur keputihan itu sendiri. Tekstur dari keputihan normal juga cukup beragam, ada yang seperti pasta, elastis, dan sedikit lengket, tergantung dari kondisi tubuh Anda.

Jika Anda mengalami keputihan dengan tekstur seperti itu, jangan khawatir, selama keputihan tidak menggumpal atau berbusa maka itu masih merupakan keputihan normal.

  1. Aroma

Selain jumlah keputihan, ciri-ciri keputihan normal juga bisa dilihat dari aroma yang ditimbulkan dari keputihan tersebut. Untuk keputihan normal, biasanya tidak akan menimbulkan bau busuk atau bau amis yang menyengat.

Namun, untuk keputihan yang bau biasanya juga ciri-ciri keputihan normal saat hamil, terutama masih hamil muda. Selama keputihan tersebut tidak menimbulkan bau yang sangat menyengat, maka keputihan tersebut tidak berbahaya.

  1. Efek Keputihan

Saat mengalami keputihan, hati-hati dalam membedakan ciri-ciri keputihan normal dan keputihan tidak normal. Anda juga perlu waspada jika keputihan yang Anda alami memiliki efek pada vagina.

Baca Juga :

Keputihan yang tidak normal biasanya akan menimbulkan efek gatal pada vagina, rasa panas seperti terbakar, dan yang lebih parah, bisa menimbulkan efek nyeri atau sakit saat Anda buang air kecil maupun saat berhubungan seksual.

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya keputihan yang tidak normal, Anda harus benar-benar menjaga kebersihan vagina. Usahakan juga untuk terlalu sering menggunakan celana dalam yang ketat, atau penggunaan sabun wangi atau produk kewanitaan lainnya.

Nah, jika keputihan yang Anda alami merupakan ciri-ciri keputihan normal, maka daripada menggunakan produk-produk kewanitaan untuk mengatasi keputihan tersebut, lebih baik Anda gunakan saja obat herbal, seperti daun sirih. Karena produk-produk khusus kewanitaan tersebut biasanya malah akan mempengaruhi tingkat keasaman pada vagina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here