ciri-ciri keputihan tidak normal
ciri-ciri keputihan tidak normal

Sebagai seorang wanita Anda harus tahu bahwa ada dua jenis keputihan yang bisa dialami, yaitu keputihan normal dan keputihan tidak normal. Keputihan yang normal merupakan keputihan yang sering terjadi pada wanita pada umumnya. Biasanya keputihan muncul pada waktu sebelum menstruasi dan sesudah menstruasi. Warna keputihan normal juga lebih bening dan tidak berbau

Keputihan ini tidak perlu diwasapadai, pasalnya ini merupakan salah satu tanda bahwa vagina sedang membersihkan diri. Lalu, bagaimana dengan keputihan tidak normal? Apa saja ciri-ciri keputihan tidak normal? Apakah hal ini berbahaya? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, berikut penjelasanya.

Keputihan tidak normal adalah keputihan yang terjadi karena ada suatu permasalahan pada vagina. Keputihan ini bisa disebabkan oleh bakteri, virus, parasit, jamur dan masih banyak lainnya.

Lantas apakah keputihan ini berbahaya? Tentu saja iya. Pasalnya keputihan tidak normal bisa menjadi salah satu tanda pemicu penyakit lain seperti penyakit kelamin. Untuk itu, sebagai wanita cerdas Anda wajib tahu apa saja ciri-ciri keputihan yang berbahaya.

Baca Juga :

Dengan demikian, apabila Anda mengalaminya, bisa segera memeriksakan diri untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Untuk Anda yang ingin tahu apa saja ciri-ciri keputihan tidak normal, simak ulasan selengkapnya di bawah ini:

  1. Keputihan berwarna merah muda, jenis keputihan ini terjadi karena terjadinya penumpahan pada lapisan rahim setelah melahirkan. Keputihan ini sering disebut dengan keputihan lokia.
  2. Keputihan berwarna putih kental yang disertai dengan rasa gatal, perih dan bau amis. Tidak hanya itu saja, terjadi pula pembengkakan pada daerah vagina dan perih saat buang air kecil. Ciri-ciri keputihan ini menandakan bahwa vagina mengalami infeksi jamur.
  3. Keputihan berwarna kuning dan kering, biasanya juga disertai dengan nyeri pada bagian panggul, keluar urin tanpa disadari, serta terjadi pendarahan di luar siklus haid. Jika mengalami keputihan dengan ciri-ciri tersebut, kemungkinan besar Anda mengalami penyakit menular seks.
  4. Keputihan berwarna cokelat dan merah serta nyeri pada bagian pinggul. Tidak hanya itu saja, terjadi pula pendarahan pada vagina. Jika mengalami keputihan ini, Anda perlu waspada sebab ini adalah ciri-ciri penyakit kanker serviks atau kanker endometrium.
  5. Keputihan yang berwarna kuning kehijauan, disertai dengan busa dan bau yang tidak sedap, selain itu muncul pula rasa gatal pada vagina dan nyeri saat buang air kecil. Ciri-ciri keputihan tidak normal ini menandakan terkena infeksi mikroorganisme Trichomonas vaginalis.

Jika Anda mengalami ciri-ciri keputihan tidak normal di atas, segera periksakan diri ke dokter. Waspada lebih baik dari pada menunggu penyakit menjadi lebih parah. Jika keputihan ini didiamkan begitu saja, hal ini tidak menutup kemungkinan Anda bisa menderita penyakit kelamin yang lebih mengerikan.

Bagaimana cara mengobati dan mencegah keputihan tidak normal?

Untuk pengobatan dan pencegahan yang dilakukan bisa dimulai dari diri sendiri. Intinya adalah meningkatkan kesadaran diri akan betapa pentingnya menjaga kebersihan organ intim.

Selain itu, jika sudah mengalami ciri-ciri keputihan tidak normal, ada baiknya untuk segera memeriksakan ke dokter. Adapun beberapa cara mengatasi keputihan tidak normal yang bisa Anda lakukan seperti di bawah ini:

  1. Tidak menggunakan produk pembersih kewanitaan

Jika Anda beranggapan bahwa produk pembersih kewanitaan bisa membersihkan vagina tanpa efek samping, maka Anda salah besar. Mengapa? Ini karena produk pembersih kewanitaan akan membuat pH vagina tidak seimbang. Padahal vagina memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Ada baiknya gunakan cara yang lebih alami seperti menggunakan daun sirih atau cukup dengan membersihkannya menggunakan air bersih saja.

  1. Rajin mengganti celana dalam

Celana dalam bisa menjadi salah satu sarang tumbuhnya jamur, bakteri dan mikro organisme lainnya. Untuk itu, rajinlah ganti celana dalam Anda paling tidak dua kali sekali.

  1. Makan makanan yang tidak menyebabkan keputihan

Tidak hanya menjaga kebersihannya saja, namun Anda juga harus menghindari makanan penyebab keputihan. Makan ini seperti mentimun, pasalnya mentimun memiliki kandungan yang dapat meningkatkan hormon penyebab keputihan.

Bagaimana? Bukankah keputihan tidak normal sangat berbahaya? Untuk itu kenali ciri-ciri keputihan tidak normal sejak dini dan jadilah wanita yang sehat tanpa keputihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here