Keputihan apakah tanda hamil
Keputihan apakah tanda hamil

Keputihan atau yang juga dikenal di dalam dunia medis dengan istilah Flour Albus ini merupakan sebuah kondisi yang dialami oleh wanita yaitu mengeluarkan lendir berwarna putih yang keluar dari vaginanya. Cairan ini berasal dari sekresi vagina dan serviks yang berfungsi untuk menjaga kesehatan organ intim karena keputihan merupakan proses pengeluaran sel-sel yang mati dan berbagai bakteri.

Keputihan ini merupakan hal yang lumrah terjadi dialami oleh hampir 80 persen wanita di dunia, biasanya terjadi keputihan menjelang haid. Jika frekuensinya berlebihan maka keputihan tersebut termasuk tidak normal. Keputihan tidak normal biasanya memiliki bau yang tidak sedap, tidak berwarna putih atau bening, gatal dan menyebabkan sensasi panas terbakar.

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya keputihan yang tidak normal. Namun apapun bentuknya, munculnya keputihan yang tidak normal biasanya mengidentifikasikan suatu gangguan kesehatan, misalnya kanker serviks, infeksi jamur, infeksi bakteri dan lain sebagainya.

Munculnya keputihan pada wanita, dipengaruhi adanya hormon estrogen pada wanita. Hormone ini akan meningkat pada saat akan memasuki siklus menstruasi atau haid dan sebagai keputihan tanda hamil. Lalu bagaimana cara membedakan keputihan apakah tanda hamil atau keputihan menjelang haid?

Baca Juga :

Nah berikut ini adalah ciri-ciri yang membedakan keduanya apakah keputihan yang keluar merupakan tanda hamil atau hanya sekedar menstruasi belaka. Simak penjelasan berikut ini ya!

Ciri-Ciri Keputihan Tanda Menstruasi

  1. Memiliki Frekuensi dan Volume yang lebih Banyak Dari Biasanya

Salah satu ciri keputihan menjelang haid adalah keluar keputihan dengan jumlah volume yang lebih banyak dari biasanya. Frekuensi keluarnya juga akan meningkat. Namun meskipun jumlahnya banyak bukan berarti warnanya tidak putih. Warnanya tetap putih, tidak berbau dan tidak gatal.

  1. Lendir Sedikit Berwarna kecoklatan

Jika akan memasuki masa haid maka akan dimulai dengan banyaknya lendir keputihan yang akan keluar. Warnanya biasanya putih. Namun saat sudah mendekati darah haid keluar maka keputihan yang akan keluar biasanya akan berwarna sedikit kecoklatan karena sudah mulai bercampur dengan darah menstruasi.

  1. Kram Perut

Keputihan menjelang haid juga biasanya disertai dengan munculnya kram perut. Gejala yang muncul ini juga lebih terkenal dengan nama PMS atau Pra Menstruasi. Hal ini terjadi karena otot-otot rahim sedang mengalami kejang sehingga serasa perut diremas-remas.

Hal ini wajar terjadi dan akan menghilang dengan sendirinya tanpa diobati. Namun bagi Anda yang tidak kuat dengan nyeri PMS, maka Anda dapat mengonsumsi obat anti nyeri untuk meringankan rasa sakitnya.

  1. Sakit Punggung

Selain kram pada perut keputihan menjelang menstruasi biasanya juga dilengkapi dengan sakit punggung. Meningkatnya kadar hormon estrogen pada tubuh menyebabkan sakit punggung.

  1. Nyeri Pada Payudara

Saat masa menstruasi akan datang, selain kram perut dengan disertai keputihan , biasanya juga akan diikuti rasa nyeri pada payudara.  Bahkan terasa membengkak dan akan terasa sakit jika tersenggol.

  1. Mudah Lelah

Tanda keputihan menjelang haid, Anda akan merasa cepat lelah. Seluruh badan terasa remuk padahal tidak selesai melakukan apa-apa. Hal inilah yang terkadang akan mempengaruhi mood seorang wanita menjadi lebih sensitif.

Ciri-Ciri Keputihan Tanda Hamil

Jika di atas merupakan cirri-ciri keputihan menjelang haid, berikut ini merupakan ciri-ciri keputihan tanda hamil. Keputihan pada awal kehamilan terkadang tidak disadari bahwa ternyata dirinya hamil. Padahal keluarnya keputihan dapat menjadi tanda bahwa Anda sedang hamil. Keputihan ini muncul karena ada perubahan hormon pada diri Anda. Apa saja ciri keputihan tanda kehamilan? Berikut penjelasannya:

  1. Warna lendir keputihan akan cenderung lebih keruh seperti susu, sedangkan keputihan menjelang menstruasi cenderung berwarna bening.
  2. Frekuensi pengeluarannya meningkat, juga diiringi volume yang dikeluarkan bertambah.
  3. Tidak diiringi kram perut seperti akan menjelang haid. Jika pun terjadi, maka rasa sakit yang ditimbulkan tidak sehebat kram perut saat Pra Menstruasi.
  4. Terkadang disertai pendarahan namun tidak banyak. Hanya sebatas flek coklat saja.
  5. Muncul nyeri pada payudara yang lebih sakit daripada menjelang haid. Namun tidak semua wanita merasakannya.
  6. Disertai rasa mual dan ngidam. Selain keputihan yang mulai keluar banyak, keputihan tersebut diiringi rasa ngidam dan mual yang biasanya terjadi pada pagi hari.

Nah itulah perbedaan keputihan apakah tanda hamil ataukah keputihan menjelang menstruasi.  Semoga dengan mengetahui perbedaanya, Anda akan lebih peka terhadap segala perubahan dan kondisi yang terjadi pada diri Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here