Keputihan normal atau penyakit
Keputihan normal atau penyakit

Keputihan pada wanita merupakan sebuah kondisi dimana vagina mengeluarkan sebuah cairan lendir berwarna bening atau putih. Cairan ini berasal dari dalam organ intim serviks dan vagina. Munculnya keputihan merupakan sebuah proses alami yang dipengaruhi oleh hormone estrogen di dalam tubuh wanita.

Keputihan ini berfungsi untuk menjaga kesehatan organ intim wanita. Keluarnya cairan lendir ini mengandung sel-sel mati yang sudah tidak berguna lagi, serta bakteri-bakteri. Dengan mengalami keputihan, maka organ reproduksi akan jauh lebih sehat dan bersih. Keputihan ini biasanya terjadi pada saat menjelang menstruasi. Biasanya berwarna bening, tidak berbau dan tidak gatal.

Namun, jika kondisinya tidak demikian maka sudah menjadi keputihan abnormal. Keputihan abnormal biasanya memiliki jumlah volume dan frekuensi yang terus meningkat. Selain itu, juga menimbulkan rasa sakit, panas dan gatal, sehingga akan membuat Anda tidak nyaman.

Baca Juga :

Jika Anda mengalami keputihan yang sudah abnormal, maka sebaiknya Anda patut waspada, karena bisa jadi itu merupakan keputihan berbahaya. Keputihan juga bisa menjadi tanda indikasi penyakit tertentu yang dapat membahayakan kesehatan. Karena keputihan normal atau penyakit dapat menyerang siapa saja.

Munculnya keputihan yang tidak normal pada wanita dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Vaginosis Bakteri

Vaginosis bakteri merupakan salah satu munculnya keputihan yang tidak normal.  Bakteri inilah yang membuat infeksi pada vagina. Selain mengeluarkan keputihan yang diluar wajar seperti berbau amis, berwarna keabuan , munculnya rasa perih dan gatal juga akan membuat pembengkakan pada vagina.

Penderitanya akan merasa tidak nyaman dan cukup tersiksa. Semakin lama dibiarkan maka akan semakin lama pula sakit yang dirasakan. Oleh karena itu, segera lakukan pengobatan yang tepat agar tidak bertambah parah.

  1. Infeksi Jamur

Selain bakteri yang dapat menginfeksi vagina, infeksi jamur juga bisa terjadi pada area miss V. keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur biasanya berwarna putih kental menggumpal, jumlah volumenya banyak, juga disertai rasa terbakar panas. Selain itu, penderitanya akan merasakan kesakitan pada saat berhubungan badan.

Munculnya infeksi jamur ini biasanya disebabkan karena kondisi area vagina yang sering lembab. Oleh karena itu sebaiknya untuk terus menjaga area vagina tetap kering. Ganti celana dalam Anda jika sudah basah, lap dengan menggunakan handuk setelah buang air kecil serta jangan memakai celana dalam yang berukuran ketat.

  1. Trichomoniasis

Bukan lagi masalah keputihan normal atau penyakit saat Anda terinfeksi Trichomoniasis. Trichomoniasis merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Trichomonas vaginalis. Penyebarannya bisa melalui pasangan seksual Anda. Oleh karena itu, jika Anda terinfeksi penyakit ini maka sebaiknya pasangan Anda pun juga melakukan pemeriksaan kesehatan.

Ciri penyakit berbahaya ini adalah mengeluarkan keputihan  yang biasanya berwarna kuning kehijauan, berbau busuk, serta menimbulkan rasa gatal dan nyeri pada saat buang air kecil dan berhubungan intim. Untuk mencegah penularan penyakit ini, sebaiknya gunakan kondom saat berhubungan intim dengan pasangan Anda.

  1. Gonorre

Selain Trichomoniasis, ada juga penyakit menular seksual yang juga ditandai dengan adanya keputihan yang tidak normal. Cirinya hampir sama dengan Trichomoniasis. Hanya saja keputihan yang keluar terkadang bercampur dengan nanah. Rasa sakit  dan nyeri yang ditimbulkan akan membuat penderitanya tersiksa.

  1. Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan kanker yang menyerang pada wanita. Dan bisa menyerang siapa pun tanpa tanda yang jelas sebelumnya. Namun ada juga yang dapat diidentifikasi saat keluar keputihan yang dianggap tidak normal, seperti berwarna kecoklatan atau bahkan pendarahan.

Karena kanker serviks terkadang muncul tanpa tanda-tanda yang jelas maka sebaiknya lakukan pemeriksaan secara rutin agar dapat mendeteksi penyakit lebih dini. Dengan begitu, dapat dilakukan pengobatan dan pencegahan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah itulah perbedaan antara keputihan normal atau penyakit. Dengan lebih mengenali gejala-gejala yang muncul maka Anda akan jauh lebih mengerti apa yang terjadi pada diri Anda. Karena pada dasarnya keputihan dapat digunakan sebagai identifikasi atau alarm kesehatan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here