Kehamilan merupakan salah satu hal yang paling membahagiakan bagi seorang wanita. Apalagi bagi pasangan suami istri yang ingin segera memiliki momongan, kehamilan pasti menjadi momen yang paling ditunggu.

Sayangnya banyak pasutri yang tidak tahu apa saja tanda-tanda awal kehamilan, sehingga banyak diantara mereka yang mengetahuinya setelah beberapa bulan kemudian. Tanda umum kehamilan diantaranya yaitu mual berlebihan, pusing dan lemas. Namun tahukah Anda jika keputihan menjadi salah satu tanda awal kehamilan? Keputihan tanda awal kehamilan ditandai dengan keluarnya lendir yang lebih banyak dari biasnaya.

Mengapa Keputihan Menjadi Salah Satu Tanda Awal Kehamilan?

Ketika wanita hamil, akan terjadi perubahan hormonal pada tubuh wanita. Perubahan horminal ini berdampak pada produksi lendir yang dihasilkan oleh vagina. Hal inilah yang memicu keluarnya keputihan yang berlebihan pada masa awal kehamilan.

Oleh sebab itu, banyak orang yang menyebut keputihan tanda hamil 1 minggu. Padahal, keputihan tidak hanya muncul pada awal kehamilan saja, melainkan juga pada trimester terakhir saat akan mendekati persalinan.

Keputihan tanda kehamilan sendiri sering disebut dengan istilah leucorrhea. Kondisi ini merupakan hal yang lazim dialami oleh ibu hamil. Anda juga tidak perlu khawatir dan waspada jika keputihan yang dialami jauh lebih banyak dibandingkan dari biasanya.

Apakah Ada Perbedaan Antara Keputihan Tanda Awal Kehamilan Dengan Keputihan Pada Umumnya?

Baca Juga :

Tentu ada, perbedaan antara keputihan tanda kehamilan dengan keputihan pada umumnya memiliki ciri yang sangat jelas. Untuk mengetahui perbedaanya, berikut ciri-ciri keputihan tanda kehamilan yang normal:

1. Tidak berbau

Keputihan tanda hamil apakah berbau? Keputihan tanda kehamilan tidaklah berbau, sebab ini adalah keputihan yang normal. Selain itu, meskipun jumlahnya lebih banyak, nyatanya keputihan saat hamil tidak menimbulkan efek gatal dan juga iritasi. Hal inilah yang membedakan keputihan ini dengan tanda keputihan penyakit atau lainnya.

2. Tanda hamil keputihan seperti susu

keputihan tanda kehamilan juga memiliki warna seperti susu, hal ini juga normal-normal saja. Jika Anda mengalami keputihan dengan warna yang berbeda, bisa jadi keputihan yang Anda alami sudah tidak normal lagi. jika sudah demikian yang harus Anda lakukan adalah waspada dan segera memeriksakannya ke dokter.

Itu adalah tanda keputihan yang normal, lalu bagaimana dengan ciri-ciri keputihan yang tidak normal pada saat hamil? Untuk lebih jelasnya Anda bisa simak selengkapnya di bawah ini.

1. Keputihan berbusa dan berwarna

Ketika anda mengalami keputihan berbusa dan berwarna saat hamil, ini meruakan salah satu tanda keputihan tidak normal. Faktor ini disebabkan oleh infeksi parasit Trichomonas vaginalis yang ditularkan melalui hubungan seksual. Jika Anda mengalami keputihan yang demikian, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat.

2. Keputihan berwarna abu-abu

Hati-hati jika Anda mengalami keputihan dengan ciri-ciri ini. Mengapa? Sebab ini adalah keputihan yang disebabkan oleh reaksi hormon yang berlebihan sehingga berdampak pada kelebihan bakteri di sekitar area kewanitaan.

Kondisi seperti ini akan berpengaruh terhadap keseimbangan bakteri normal yang ada di bagian vagina. Hal inilah yang memicu terjadinya infeksi bakteri yang bernama vaginosis bakteri. Segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat agar tidak berpengaruh pada janin dalam kandungan.

3. Keputihan berwarna putih kekuningan

Ini adalah salah satu tanda keputihan yang disebabkan oleh jamur. Pada saat hamil daerah kewanitaan cenderung lebih lembab dibandingkan saat tidak hamil. Kondisi inilah yang menimbulkan adanya jamur yang bersarang di sekitar vagina. Selain itu, keputihan ini juga bisa menimbulkan efek sakit dan nyeri pada penderitanya. Bahkan, area vagina juga akan mengalami pembengkakan, sehingga pada saat buang air kecil vagina akan terasa terbakar. Sebagai solusi segera bawa ke dokter untuk mendapatkan tindakan yang cepat dan tepat.

setelah melihat penjelasan di atas, ternyata membuktikan bahwa keputihan tanda awal kehamilan itu memang benar. Hanya saja sebagai wanita Anda perlu hati-hati dan lebih jeli dalam mengenali keputihan yang terjadi. Jangan sampai Anda terlena dan tidak tahu bahwa sebenarnya keputihan yang diami merupakan keputihan yang tidak normal. Jika sudah demikian, maka hal ini juga berisiko terhadap kondisi janin yang ada di dalam kandungan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here