Makanan pencegah keputihan

Hampir semua wanita pasti pernah mengalami apa itu keputihan. Organ reproduksi wanita merupakan salah satu organ yang bisa membersihkan dirinya sendiri. Cara untuk membersihkan diri dari organ intim wanita ini adalah dengan cara mengeluarkan lendir yang biasa dikenal dengan nama keputihan. Melalui keputihan inilah, sel-sel yang telah mati serta bakteri-bakteri dikeluarkan dari dalam leher rahim melalui vagina.

Keputihan biasanya terjadi pada masa subur atau mendekati masa menstruasi. Keputihan normal tidak akan menimbulkan bau dan tidak menimbulkan rasa gatal. Warnanya juga cenderung bening atau sedikit putih seperti susu. Jika Anda mengalami keputihan dengan jumlah yang berlebihan, berbau dan menyebabkan gatal, maka keputihan yang Anda alami tersebut merupakan keputihan yang tidak normal.

Keputihan yang tidak normal ini biasanya terjadi dipengaruhi oleh faktor-faktor penyebab keputihan seperti gangguan penyakit tertentu, stress, usia dan konsumsi makanan pemicu keputihan. Menderita keputihan akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan cukup terganggu. Nah berikut ini ada lho daftar makanan pencegah keputihan yang memiliki rasa yang enak dan sehat. Penasaran? Simak penjelasan berikut ini.

  1. Pisang

Siapa sih yang tidak mengenal buah pisang? Buah yang memiliki bentuk lonjong dan memiliki rasa yang manis ini ternyata buah yang bisa nyembuhin keputihan lho. Dengan mengonsumsi buah pisang setidaknya satu buah setiap hari dipercaya dapat terhindar dari keputihan.

  1. Sayuran Hijau

Selain dikenal memiliki rasa yang enak,sayuran hijau juga dikenal sebagai menu makanan untuk penderita keputihan. Selain keputihan kandungan vitamin yang terdapat di dalam sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan lain sebagainya tersebut juga mampu mencegah penyakit lainnya akibat radikal bebas.

  1. Milk dan Buttermilk

Milk dan buttermilk ini merupakan jenis makanan olahan yang terbuat dari susu yang dipercaya mampu mencegah keputihan pada wanita. Milk dan buttermilk ini akan memberikan asupan energi yang dibutuhkan oleh tubuh pada masa subur, atau saat Anda menstruasi yang biasanya mengalami nyeri haid.

Dengan mengonsumsi makanan ini,dipercaya mampu mengurangi produksi keputihan dan mengobati keputihan yang tidak normal.

  1. Yogurt

Selain buttermilk, yogurt juga merupakan jenis makanan olahan yang terbuat dari susu yang terkenal sebagai makanan pencegah keputihan. Yogurt memiliki kemampuan untuk menghilangkan jamur pada area vagina. Dengan kata lain, yogurt mampu mencegah munculnya keputihan pada wanita.

Selain memiliki rasa yang enak, kandungan yogurt ternyata sangat baik lho untuk menjaga kesehatan wajah dan kulit lho. Selain membuat sehat, yogurt juga akan membuat Anda cantik dan segar.

  1. Air Putih

Dengan mengonsumsi air putih secukupnya, maka tubuh tidak akan dehidrasi dan lebih sehat. Dengan tubuh yang sehat itulah maka akan kuat dalam menghadapi serangan bakteri dan virus penyebab penyakit, termasuk salah satunya adalah bakteri penyebab keputihan.

Nah jika dari tadi membahas makanan yang memiliki rasa yang enak, kali ini akan dibahas tentang ramuan yang sudah terkenal sebagai makanan pencegah keputihan. Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Daun Sirih
Cara menyembuhkan keputihan yang gatal

Ramuan yang pertama ialah daun sirih. Daun sirih kaya akan antibiotik yang mampu membunuh bakteri. Selain bisa diminum air rebusannya, air rebusan daun Sirih juga bisa digunakan untuk membasuh  vagina saat setelah buang air kecil.

  1. Bawang Putih

Untuk menemukan bawang putih tentu bukanlah hal yang sulit bukan? Nah salah satu bumbu wajib yang ada di dapur Anda ini kaya akan kandungan antibakteri yang tinggi. Dengan mengonsumsi bawang putih secara teratur dipercaya dapat menghindarkan Anda dari ancaman keputihan yang berbahaya.

  1. Kunyit

Ramuan kunyit yang biasa ada dalam jamu gendongan khas Indonesia ini memang dikenal memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah mengobati keputihan. Anda dapat mengonsumsi 2 gelas dalam satu hari untuk mengobati keputihan yang sedang Anda derita. Jika hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, cukup satu kali saja.

Baca Juga :

Nah itulah beberapa makanan yang dipercaya mampu mencegah keputihan. Selain itu, Anda harus menjaga makanan yang harus dihindari saat keputihan, seperti makanan dengan tinggi lemak, makanan manis , gorengan dan lain sebagainya. Dengan mengonsumsi makan makanan sehat maka tubuh Anda akan jauh lebih sehat dan bugar dan terhindar dari ancaman berbagai macam penyakit termasuk keputihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here