masalah keputihan dan cara mengatasinya
masalah keputihan dan cara mengatasinya

Masalah keputihan dan cara mengatasinya  sering kali menjadi pertanyaan yang paling sering dicari di Internet.  Hal ini wajar adanya mengingat keputihan merupakan salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh wanita.

Meskipun munculnya keputihan merupakan hal yang wajar, akan tetapi ada kalanya keputihan menjadi berlebihan dan tidak wajar. Hal inilah yang menjadi kecemasan tersendiri bagi wanita, tidak mengherankan jika banyak yang mencari informasi mengenai masalah keputihan dan cara mengatasinya.

Keputihan pada wanita merupakan sebuah kondisi yang wajar sebenarnya, namun akan menjadi tidak wajar jika berbau dan menyebabkan gatal. Penyebab keputihan gatal dipengaruhi oleh banyak faktor, misalnya infeksi bakteri vagina, infeksi jamur vagina, kanker serviks dan penyakit menular seksual seperti gonorre dan trikomoniasis.

Nah, semua indikasi tersebut bisa saja menyerang Anda atau siapa pun dan kapan pun karena keadaan daya tahan tubuh Anda yang tidak bisa diperkirakan. Oleh karena itu, untuk menghindari keputihan yang berbahaya, Anda dapat melakukan cara mengatasi keputihan berikut ini. Simak baik-baik ya!

Cara Mengatasi Keputihan dengan Cepat dan Aman

Baca Juga :

Jika Anda sudah terinfeksi keputihan yang tidak normal, baik disebabkan infeksi bakteri, jamur maupun penyebab lainnya, Anda tidak perlu cemas. Keputihan dapat diobati, asalkan Anda mau melakukan beberapa cara penanganan keputihan yang aman dan cepat berikut ini. Jangan sampai Anda sepelekan dan membiarkannya berlangsung lama, karena infeksi yang terjadi dapat menyebar hingga organ reproduksi dalam dan hal ini berbahaya.

  1. Kompres Dingin

Saat dilanda keputihan tidak normal, sering kali selalu diiringi dengan rasa gatal yang luar biasa. Bahkan terkadang juga disertai dengan rasa nyeri dan bengkak pada vagina. Dalam kondisi seperti inilah yang mengganggu aktivitas Anda, seolah memaksa mau tidak mau berkeinginan untuk menggaruknya dan menahan sakit dengan cara memegang vagina.

Hal ini cukup memalukan memang. Nah, untuk meredakan rasa gatal dan nyeri yang terjadi pada vagina, Anda bisa mencoba untuk melakukan kompres dingin pada vagina. Hal ini dipercaya mampu untuk meredakan rasa gatal dan mengatasi pembengkakkan.

  1. Gunakan Kondom Saat Berhubungan Seksual

Salah satu penyebab keputihan yang berbahaya adalah penyakit menular seksual seperti gonorre dan Trichomoniasis. Salah satu penyebab keputihan tersebut penularannya melalui hubungan seksual. Oleh karena hal tersebut, untuk menghindari terkena penyakit menular seksual yang berbahaya Anda dapat memakai kondom saat melakukan hubungan seksual. Selain itu juga sebaiknya tidak sering bergonta ganti pasangan seks.

  1. Periksakan ke Dokter

Jika Anda tiba-tiba mengalami keputihan yang tidak normal, mungkin berbau, berwarna kuning atau hijau dengan jumlah volume yang berlebih, Anda tidak usah panic namun Anda harus waspada. Pasalnya, beberapa ciri tersebut menunjukkan indikasi keputihan yang tidak normal.

Keputihan yang tidak normal bisa Anda atasi dengan melakukan pengobatan secara alami, misalnya dengan menggunakan ramuan daun Sirih, Kunyit , daun Sambiloto dan lain sebagainya.

Namun, jika selama pengobatan tidak menunjukkan tanda-tanda perkembangan hingga berlangsung lebih dari satu minggu, maka sebaiknya periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Karena jika dibiarkan berlangsung lama dapat beresiko menyebabkan beberapa penyakit yang membahayakan.

Nah itulah masalah keputihan dan cara mengatasinya. Untuk mencegah terjadinya keputihan tidak normal, Anda dapat mencegahnya dengan cara selalu menjaga kebersihan vagina, menjaga vagina agar tetap kering, hindari pemakaian sabun pembersih vagina karena dapat merusak keseimbangan alami bakteri di dalam vagina, serta konsumsi makan makanan yang sehat.

Dengan mengonsumsi  makan makanan yang sehat, kebutuhan nutrisi di dalam tubuh dapat terpenuhi sehingga daya tahan tubuh akan meningkat dan mampu mencegah dari serangan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Selain itu, iritasi pada bahan-bahan tertentu juga bisa menyebabkan keputihan. Oleh karena itu, hindari penggunaan pembalut beraroma kuat, tisu berparfum, dan detergen untuk mencuci celana dalam dengan parfum yang kuat. Semua bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan alergi dan iritasi pada vagina yang dapat menyebabkan keputihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here