obat keputihan alami untuk ibu hamil
obat keputihan alami untuk ibu hamil

Salah satu gangguan kesehatan yang kerap dialami oleh ibu hamil adalah keputihan. Rasa tidak nyaman seperti gatal dan aroma tidak sedap pada alat vital tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyakit yang disebabkan oleh jamur ini sebenarnya cukup normal dan tidak membutuhkan penanganan khusus.

Akan tetapi, Anda perlu mengobatinya agar tidak terjadi kondisi yang lebih parah dan beresiko bagi kandungan. Jika kondisi ini terus berlanjut, ada kemungkinan keguguran akibat infeksi bakteri dari vagina.

Untuk itu, Anda butuh obat keputihan alami untuk ibu hamil. Hal ini perlu dilakukan mengingat beberapa obat kimia tidak begitu dianjurkan untuk mengatasi keputihan pada perempuan yang sedang mengandung.

Obat Keputihan Alami Untuk Ibu Hamil

Ada beberapa solusi sederhana untuk menghilangkan infeksi jamur tanpa perlu menggunakan obat kimia, berikut ulasannya:

  1. Yoghurt

Kandungan dalam yoghurt berupa bakteri baik ternyata dapat membantu tubuh untuk melawan jamur. Namun, yang perlu digaris bawahi adalah Anda harus menggunakan yoghurt plain. Jangan konsumsi yoghurt dengan rasa tertentu. Nah, konsumsilah setiap hari untuk meminimalisir keluarnya keputihan saat hamil.

Cara mengkonsumsinya dapat dilakukan secara langsung atau bisa juga dijadikan sebagai saus salad buah. Gantilah minyak zaitun ataupun madu menggunakan yoghurt sebagai obat keputihan untuk ibu hamil muda ataupun tua.

Selain dikonsumsi secara langsung, Anda juga bisa menggunakannya dengan cara dijadikan obat oles. Oleskan saja yoghurt plain pada area alat vital untuk mengurangi iritasi. Cara lainnya adalah dengan mencelupkan kain kasa pada wadah berisi yoghurt plain dan oleskan pada alat vital Anda.

  1. Daun Sirih

Keputihan yang dialami oleh perempuan hamil disebabkan karena adanya perubahan hormon. Cairan kental berwarna putih tersebut cukup aman meskipun keluar lebih banyak ketimbang saat Anda tidak hamil. Namun, jika kondisinya sudah menyebabkan tumbuh jamur, maka Anda harus cepat-cepat mengatasinya.

Daun sirih adalah pilihan yang tepat sebagai cara mengatasi keputihan saat hamil muda secara alami. Sebab, trimester pertama adalah saat yang rawan bagi janin. Nah, Anda dapat merendam beberapa lembar daun sirih dalam air lalu gunakan untuk membasuh area Miss V. Lakukan dengan rutin sekali seminggu untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

  1. Bawang Putih

Siapa yang tahu bahwa herbal yang biasa dipakai sebagai bumbu dapur ini ternyata mampu mengatasi infeksi jamur pada Miss V dengan baik? Anda hanya perlu mengonsumsi bawang putih secara langsung untuk mengobati keputihan saat hamil. Jika tidak tahan dengan baunya, maka Anda bisa menambahkan beberapa siung bawang putih pada masakan.

  1. Sari Cuka Apel dan Baking Soda

Khasiat sari cuka apel, akhir-akhir ini sangat terkenal sebagai produk kecantikan. Biasanya cuka apel dimanfaatkan sebagai obat untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Namun, ternyata manfaatnya juga baik untuk mengatasi keputihan pada ibu hamil.

Baca Juga :

Cara menggunakannya sangat mudah, Anda hanya perlu membersihkan area Miss V dengan cuka apel sehari sekali.

Baking soda juga memiliki manfaat yang serupa dengan cuka apel. Cara menggunakannya adalah dengan menyiapkan air yang telah dicampur dengan baking soda lalu Anda tinggal berendam di dalamnya selama beberapa menit.

Hal yang Perlu Dilakukan Selama Proses Penyembuhan Keputihan

Tidak kalah penting bagi Anda untuk melakukan hal-hal berikut selama proses penyembuhan dari keputihan. Diantaranya:

  • Menjaga kondisi Miss V tetap bersih dan kering. Pakailah tisu atau sapu tangan untuk mengeringkan area Miss V setelah Buang Air Besar atau Kecil.
  • Hindari penggunaan pembersih vagina atau pantyliner yang memiliki kandungan parfum.
  • Kenakanlah pakaian yang tidak terlalu ketat dan nyaman.

Hubungi Dokter Jika Keputihan Semakin Parah

Jika setelah menggunakan berbagai bahan alami tapi tak kunjung mendapatkan hasil yang baik. bahkan keputihan menjadi semakin parah. Sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter kandungan. Anda akan diberikan solusi cara mengatasi keputihan saat hamil tua ataupun muda menggunakan obat yang aman.

Salah satu obat yang sering diresepkan untuk mengatasi keputihan bagi ibu hamil adalah Metronidazole atau obat anti jamur lain. Meskipun begitu, sebaiknya gunakan bahan alami terlebih dahulu sebagai upaya pengobatan yang lebih aman baik menggunakan yoghurt, daun sirih, bawang putih, maupun cuka apel dan baking soda. Demikian, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here