obat untuk keputihan yang gatal
obat untuk keputihan yang gatal

Keputihan merupakan sebuah permasalahan yang kerap dialami wanita dan membuatnya tidak nyaman. Sebenarnya, keputihan adalah hal yang wajar, yang menjadikannya tidak wajar yaitu ketika keputihan sudah menimbulkan rasa gatal.

Keputihan yang gatal sendiri menjadi salah satu tanda penyakit yang cukup berbahaya bagi organ intim. Salah satu efek keputihan gatal yang membuat wanita was-was adalah sebagai salah satu tanda penyakit kanker serviks.

Jika sudah demikian, maka Anda tidak boleh menyepelekan keputihan gatal begitu saja. Anda membutuhkan obat untuk keputihan yang gatal sebagai langkah awal untuk mengatasi sebelum menjadi lebih berbahaya.

Lantas, apa obat untuk keputihan yang gatal yang bisa dicoba?

Ada dua jenis obat untuk keputihan yang bisa digunakan yaitu obat keputihan gatal di apotek dan obat tradisonal. Untuk Anda yang mencari obat keputihan di apotek, Anda hanya perlu meminta apoteker untuk merekomendasikan obat mana yang paling manjur.

Sedangkan jika Anda tertarik dengan obat tradisional, maka Anda bisa menggunakan obat keputihan gatal dan perih di bawah ini:

  1. Cuka apel

Obat untuk keputihan gatal pertama yang bisa Anda coba adalah cuka apel. Cuka apel memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri jahat dan menambah bakteri baik di organ intim Anda, hal inilah yang menjadikan cuka apel sangat tepat untuk mengobati keputihan gatal.

Cara menggunakan cuka apel sebagai obat keputihan gatal adalah dengan mencampurkannya pada air hangat dan tambahkan sedikit madu. Minum obat ini hingga keputihan gatal yang Anda alami sembuh.

  1. Daun sirih

Daun sirih juga sangat ampuh untuk mengatasi gatal karena keputihan. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengobati keputihan gatal dengan menggunakan daun sirih. Cara pertama adalah dengan meminum air rebusan daun sirih secara rutin hingga sembuh.  Sedangkan cara kedua dengan membasuhkannya ke vagina. Caranya cukup dengan merebus daun sirih dalam jumlah yang banyak dan basuhkan air rebusan tersebut pada area vagina.

  1. Rebusan beras putih

Selain rebusan daun sirih, rebusan beras putih juga sangat ampuh untuk menghilangkan keputihan gatal. Cara membuatnya cukup simple, yaitu dengan merebus beras putih yang sudah dicuci, tunggulah hingga mendidih dan ambil airnya. Minum air rebusan ini secara teratur untuk dapatkan hasil yang maksimal.

  1. Jahe

Jahe memang sangat ampuh untuk mengatasi gatal saat keputihan. Apalagi jika diminum selagi hangat, membuat jahe tidak hanya mengatasi keputihan namun juga membuat tubuh semakin hangat. Kandungan anti bakteria pada jahe inilah yang dapat membunuh bakteri jahat pada vagina yang menyebabkan keputihan.

Setalah Anda tahu obat untul keputihan yang gatal, Anda juga perlu tahu apa yang menyebabkan keputihan gatal terjadi. Hal ini bertujuan agar Anda lebih cerdas dan waspada untuk mencegah keputihan tersebut. Beberapa penyebab keputihan gatal diantaranya adalah:

  1. Infeksi bacterial vagiosis

Bacterial vaginosis merupakan sebuah infeksi yang disebabkan oleh bakteri pada vagina. Vagina sendiri memiliki dua jenis bakteri yaitu bakteri baik dan bakteri buruk. Bakteri buruk ini bernama anaerob yang dapat membuat keputihan menjadi gatal dan berbau. Biasanya bakteri ini muncul karena kebiasaan bergonta-ganti pasangan.

  1. Infeksi jamur

Selain infeksi bakteri, jamur juga bisa mengakibatkan keputihan gatal. Keputihan yang satu ini memiliki ciri-ciri seperti warna keputihan yang mirip keju dengan rasa gatal dan sensasi terbakar.

  1. Trichomoniasis

Jenis infeksi yang satu ini disebabkan oleh protozoa yang mengakibatkan keputihan berwarna hijau, kuning dan memiliki bau yang menyengat. Penularan dari infeksi ini disebabkan oleh handuk kotor atau pada saat berhubungan seksual.

  1. Gonore dan klamedia

Penyakit menular seks ini juga bisa mengakibatkan keputihan gatal. Ciri-ciri keputihan yang disebabkan oleh penyakit ini adalah warnanya yang kehijau-hijauan dan kental.

  1. Kanker serviks

Kanker serviks juga bisa mengakibatkan gatal saat keputihan. Adapun gejala keputihan yang muncul adalah warna keputihan yang menjadi cokelat dengan bau yang tidak sedap yang disertai dengan pendarahan.

  1. Radang panggul

Wanita yang mengalami radang panggul juga bisa mengalami keputihan gatal. Biasanya infeksi ini ditularkan melalui hubungan seksual sehingga bakteri menyebar ke organ reproduksi. Keputihan yang disebabkan oleh radang panggul biasanya menghasilkan bau yang busuk.

Baca Juga :

Bagaimana? Sudah lebih paham apa saja penyebab dan obat yang bisa digunakan? Gunakan ke empat obat keputihan untuk gatal di atas dan miliki kembali vagina yang nyaman tanpa gatal. Jangan lupa untuk jaga terus kebersihan vagina agar Anda tidak mudah terkena keputihan yang tidak normal lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here