Obat Untuk Keputihan
Obat Untuk Keputihan

Menjadi seorang wanita tentu pernah mengalami apa itu yang namanya keputihan. Keputihan menjadi sesuatu yang normal terjadi pada seorang wanita. Keputihan bisa saja datang begitu saja tanpa harus diundang terlebih dahulu. Bahkan kehadirannya pun terkadang tidak disadari.

Munculnya keputihan pada wanita ini dipengaruhi oleh hormon estrogen yang terdapat di dalamnya. Jika hormon semakin meningkat maka keputihan yang terjadi juga akan semakin banyak. Biasanya hal ini terjadi pada saat menjelang menstruasi atau keputihan tanda hamil.

Keputihan ini berfungsi untuk membersihkan organ dalam wanita dari sel-sel mati dan bakteri-bakteri. Dengan mengalami keputihan maka organ kewanitaan Anda akan semakin sehat dan terjaga kebersihannya.

Namun akan berbeda halnya jika keputihan yang Anda alami merupakan indikasi penyakit tertentu, misalnya infeksi bakteri, infeksi jamur, gonorre, kanker serviks dan lain sebagainya. semua penyakit-penyakit tersebut ditandai dengan munculnya keputihan yang  tidak normal.

Pada umumnya keputihan normal memiliki warna yang bening atau putih, volumenya juga tidak banyak serta tidak menimbulkan rasa gatal dan tidak berbau.sedangkan keputihan abnormal  memiliki ciri masing-masing tergantung faktor yang menyebabkannya. Namun pada umumnya keputihan tidak normal akan menimbulkan rasa gatal dan nyeri pada penderitanya entah pada saat buang air kecil atau saat berhubungan badan suami istri.

Rasa nyeri yang ditimbulkan tersebut terjadi karena vagina sedang berada dalam kondisi bengkak dan gatal. Bahkan ada pula sensasi panas terbakar yang ditimbulkan oleh penyakit keputihan ini. Oleh karena itu tidak mengherankan jika banyak yang mencari obat keputihan alami cepat sembuh karena penderita keputihan abnormal biasanya akan merasa tidak nyaman, malu dan merasakan sakit yang menyiksa.

Nah berikut ini adalah obat untuk keputihan yang bisa Anda racik sendiri dirumah. Bahan-bahan ini mudah untuk didapatkan dan memiliki harga yang murah sehingga akan bersahabat dengan kantong Anda.

4 Obat Alami Keputihan yang Dapat Anda Racik Di Rumah

  1. Gunakan Kunyit

Tentu Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan tanaman rimpang yang satu ini? Tanaman yang memiliki warna yang kuning ini ternyata dapat digunakan sebagai obat keputihan abnormal.

Kunyit yang biasanya digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan ini memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Kunyit kaya akan kandungan zat anti bakteri yang dapat mencegah munculnya keputihan yang tidak normal.

Baca Juga :

Cara menggunakan kunyit sebagai obat untuk keputihan cukup mudah. Siapkan beberapa ruas kunyit kemudian dihaluskan dengan cara diparut. Kemudian ambil sarinya dan diminum. Anda dapat mengonsumsinya 2 kali dalam sehari untuk mengobati keputihan yang Anda derita.

  1. Daun Sirih

Seperti yang sudah diketahui khalayak umum bahwa daun sirih memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan area kewanitaan.  Banyak juga produk kecantikan yang berbahan daun sirih untuk produknya. Namun sebaiknya gunakan daun sirih asli karena lebih terjamin khasiatnya.

Jika Anda menggunakan sabun daun sirih, terkadang malah dapat membunuh bakteri baik yang ada di dalam vagina dan dapat memicu keputihan. Oleh karena itu gunakan obat alami keputihan ini saja.

Siapkan beberapa lembar daun sirih kemudian rebus. Gunakan air rebusan daun sirih untuk cebok karena banyak mengandung zat anti jamur dan anti bakteri yang dapat mengobati keputihan.

  1. Bawang Putih

Setiap rumah tentu terdapat bawang putih di dalam dapurnya. Salah satu bumbu masak wajib ini ternyata dapat digunakan sebagai obat alami keputihan. Bawang putih dapat digunakan sebagai antiseptic alami yang tinggi kandungan antibakteri dan antivirus. Caranya juga cukup mudah, konsumsi bawang putih setiap hari maka keputihan pun akan menghilang.

  1. Daun Sambiloto

Jika bahan-bahan alami diatas cukup mudah didapatkan di rumah kali ini Anda harus berjalan-jalan keluar rumah untuk bisa mendapatkan daun Sambiloto. Daun Sambiloto berfungsi mencegah terjadinya peradangan pada vagina. Selain itu dapat juga digunakan untuk obat penurun panas pada anak-anak.

Cara meraciknya juga mudah. Siapkan beberapa lembar daun sambiloto kemudian rebus. Minum air rebusan tersebut setiap hari. Agar memiliki rasa yang lebih nikmat Anda dapat menambahkan madu  ke dalamnya.

Nah itulah beberapa obat untuk keputihan yang bisa Anda racik di rumah. Namun jika ternyata keputihan yang Anda alami semakin parah, maka sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter agar mendapat penanganan yang lebih tepat dan segera sembuh. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here