Penyakit keputihan pada wanita dan obatnya
Penyakit keputihan pada wanita dan obatnya

Menjadi seorang wanita sama saja menjadi tidak asing dengan yang namanya keputihan. Keputihan menjadi salah satu kondisi yang secara alami dialami oleh setiap wanita. Keputihan itu sendiri berfungsi untuk membersihkan organ reproduksi dari sel-sel mati serta membersihkan dari bakteri-bakteri.

Keputihan pada wanita terbagi menjadi dua jenis. Yang pertama merupakan keputihan normal. Keputihan ini terjadi karena dipengaruhi oleh hormone estrogen pada diri wanita. Biasanya keputihan ini berwarna putih susu atau bening, jumlah volumenya biasa tidak berlebihan, tidak berbau serta tidak menimbulkan rasa gatal.

Sedangkan jenis keputihan yang kedua merupakan keputihan tidak normal. Keputihan ini terjadi karena gangguan kesehatan tertentu. Misalnya karena infeksi bakteri, jamur atau penyakit kanker serviks. Keputihan ini biasanya berwarna kuning kehijauan, merah, coklat bahkan sampai abu-abu.

Selain itu, keputihan pada wanita ini biasanya juga diiringi rasa gatal atau nyeri saat buang air kecil, berbau, dan jumlah volume yang berlebihan sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman pada penderitanya.

Baca Juga :

Karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan itulah penyakit keputihan dan obatnya menjadi salah satu pertanyaan paling diburu di internet. Banyak sekali yang bertanya cara menghilangkan keputihan. Nah berikut ini ada beberapa obat keputihan alami yang bisa Anda gunakan. Namun sebelum itu kenali dulu apa saja yang menjadi penyebab keputihan pada wanita. Check it out!

Penyebab Keputihan Pada Wanita dan obatnya

  1. Infeksi Jamur Pada Vagina

Salah satu penyebab keputihan pada wanita paling umum adalah disebabkan karena infeksi jamur candida. Infeksi jamur pada vagina ini biasanya akan menyebabkan keputihan berwarna putih, tebal, menggumpal.

Terdapat sensasi panas dan nyeri pada vagina, dan tidak berbau. Dalam kondisi ini dokter biasanya akan memberikan salep anti jamur seperti miconazole, butoconazole, clotrimazole dan lain sebagainya.

  1. Infeksi Bakteri pada Vagina Wanita

Pertumbuhan bakteri gardnerella vaginitis yang tidak terkendali biasanya menyebabkan keputihan yang tidak normal pada wanita. Volume lendir yang dikeluarkan akan banyak, berbau amis dan berwarna sedikit keabuan. Selain itu, keputihan ini juga menimbulkan rasa nyeri saat berhubungan intim dan buang air kecil, sehingga cukup menyiksa penderitanya.

Biasanya dokter dalam kondisi ini Penyakit keputihan pada wanita dan obatnya adalah antibiotic. Antibiotic ini berperan untuk melawan bacterial vaginosis, seperti Metrodazole, Tinidazole, atau Clindamycin.

  1. Trikomoniasis

Trikomoniasis merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit yang bernama Trichomonas vaginalis. Gejala penyakit ini biasanya keluar lendir berwarna kuning kehijauan, berbau, muncul rasa gatal dan nyeri.

Pada kondisi ini biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik dalam bentuk pil seperti Metronidazole atau Tinidazole. Untuk menghindari penularan, sebaiknya pasangan seknya juga harus melakukan pemeriksaan kesehatan.

  1. Gonore

Selain Trikomoniasis, gonore juga merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria honorrhoeae. Gejala yang ditimbulkan akibat bakteri ini adalah sensasi panas saat buang air kecil, nyeri saat berhubungan intim, rasa gatal dan bisa menyebabkan vagina bengkak. Bahkan bisa keluar nanah bersama urine.

Biasanya penderita akan diberikan obat penicillin sebagai obat awal penyembuhan. Namun, untuk penyakit keputihan pada wanita dan obatnya tingkat lanjut maka dokter akan memberikan antibiotik berupa Azitromisisn atau Doxycyline.

Nah itulah beberapa penyakit keputihan pada wanita dan obatnya. Keputihan pada wanita tidak bisa Anda biarkan begitu saja. Karena selain menimbulkan rasa tidak nyaman, juga dapat berkembang menjadi penyakit yang lebih berbahaya. Selain obat-obat diatas, ada pula obat keputihan alami yang bisa Anda gunakan.

Namun tidak sama dengan obat-obatan kimia, obat alami memerlukan waktu cukup lama dalam penyembuhannya namun tidak beresiko pada ginjal. Penasaran apa saja obat keputihan alami? Simak penjelasan berikut ini:

Obat Keputihan Alami

  1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu tanaman yang memiliki kandungan antibakteri yang tinggi yang mampu mengobati keputihan hingga sembuh total. Anda dapat mengonsumsi ramuan kunyit 2 kali sehari sebagai obat keputihan alami.

  1. Daun Sirih

Sudah diketahui sejak lama bahwa daun sirih memang berkhasiat untuk menjaga kesehatan area kewanitaan. Daun sirih memiliki kandungan anti jamur, anti bakteri yang mampu mengobati keputihan. Gunakan air rebusan daun sirih untuk mencuci area kewanitaan setelah buang air kecil sehingga kesehatannya senantiasa terjaga.

  1. Konsumsi Bawang Putih

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa konsumsi bawang putih sama halnya dengan mengonsumsi antibiotik. Bawang putih banyak mengandung zat yang berfungsi sebagai anti virus sehingga imunitas Anda akan lebih  kuat dan tidak mudah sakit.

Nah itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai obat keputihan alami. Dibutuhkan kesabaran dan telaten untuk bisa mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here