Penyakit wanita keputihan
Penyakit wanita keputihan

Keputihan adalah  sebuah kondisi yang alami yang terjadi pada diri seorang wanita. Keputihan ini berfungsi untuk membersihkan organ intim wanita dari bakteri dan sel-sel yang telah mati. Umumnya, keputihan ini akan muncul pada saat Anda mengalami masa subur atau hendak memasuki masa menstruasi.

Saat Anda mengalami keputihan, anda tidak perlu khawatir. Yang perlu Anda khawatirkan apabila keputihan yang Anda alami tersebut diluar batas kewajaran, seperti berbau, menimbulkan rasa gatal, nyeri dan lain sebagainya. munculnya jenis  keputihan tidak normal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Nah berikut ini adalah 7 faktor yang dapat memicu penyakit wanita keputihan dan hal-hal yang harus Anda lakukan:

  1. Usia

Salah satu yang menjadi jawaban apa penyebab keputihan pada wanita adalah faktor usia. Mengingat keputihan normal biasanya terjadi pada masa subur dan sebelum masuk masa menstruasi, maka yang akan lebih rentan terkena keputihan adalah mereka yang memiliki usia yang masih muda. Karena pada saat sudah menopause maka kemungkinan akan terjadi keputihan akan berkurang.

  1. Aktivitas Seksual yang Berlebihan

Salah satu aktivitas yang dapat memicu munculnya keputihan secara berlebihan adalah melakukan hubungan seksual yang berlebihan. Aktivitas seks ini tentu akan mempengaruhi perubahan hormon di dalam tubuh serta akan mempengaruhi meningkatnya sel-sel yang mati, sehingga jumlah volume keputihan akan juga meningkat.

  1. Terlalu Lama Berendam di Air Panas

Salah satu penyebab keputihan pada wanita adalah infeksi yang dilakukan oleh jamur. Nah, pada saat Anda berendam di air yang hangat selama berjam-jam maka akan memungkinkan terjadinya penyebaran jamur yang semakin meluas. Pasalnya pertumbuhan jamur akan semakin menyebar dalam kondisi hangat.

Jika Anda ingin berendam di air hangat sebaiknya tidak terlalu lama, secukupnya saja( tidak lebih dari satu jam).

  1. Pemakaian Pantyliner

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan keputihan adalah penggunaan pantyliner. Mengalami keputihan terkadang memang membuat Anda tidak nyaman. Salah satu cara untuk menahan cairan lendir tersebut, biasanya Anda akan menggunakan pantyliner untuk menahannya.

Akan tetapi sadarkah Anda bahwa penggunaan pantyliner justru akan memperparah keputihan? Pada saat Anda memakai pantyliner, maka kondisi vagina akan dalam keadaan yang lembab. Belum lagi jika Anda malas untuk berganti pantyliner setiap 4 jam sekali. Tentu saja hal ini akan memperparah keadaan karena penyebaran infeksi bakteri vagina akan semakin meluas dan tumbuh pesat.

  1. Memakai Celana Dalam yang terlalu Ketat atau Kekecilan

Jika Anda memiliki ukuran celana dalam yang dirasa sudah kekecilan atau terlalu ketat sebaiknya jangan digunakan. Jika Anda terus memaksa tentu akan menyebabkan hal yang tidak Anda inginkan.

Celana dalam yang ketat akan membuat vagina merasa sulit untuk bernafas, sirkulasi udara di area vagina akan terganggu dan menyebabkan bvagina menjadi lembab karena keringat. Nah pada kondisi inilah, jamur dan bakteri akan senang berkembang dan menyebabkan keputihan pada wanita.

Selain itu, untuk mencegah terjadinya penyakit wanita keputihan, sebaiknya gunakan celana dalam yang berbahan katun. Kain katun memiliki kemampuan daya serap yang tinggi sehingga akan menjaga vagina tetap kering dan sirkulasi udara pun lancar. Anda pun dapat terhindar dari bahaya keputihan.

  1. Stress

Mengingat munculnya keputihan dipengaruhi oleh hormon estrogen pada wanita, stress juga menjadi jawaban apa penyebab keputihan pada wanita. Saat Anda mengalami stress, hormon akan meningkat dan dapat menyebabkan keputihan. Gangguan hormon akan mengganggu keseimbangan pH pada vagina, sehingga tidak mengherankan jika keputihan yang Anda alami menjadi lebih banyak dan intensitasnya lebih sering.

  1. Gejala Penyakit Tertentu

Jenis keputihan yang tidak normal juga bisa menjadi identifikasi penyakit tertentu yang sedang Anda alami. Penyakit menular seksual terjadi juga ditandai dengan munculnya keputihan, misalnya gonorre, trikomoniasis dan klamidia.

Baca Juga :

Oleh karena itu, Anda tidak boleh menyepelekan keputihan begitu saja, apalagi jika Anda keputihan dalam keadaan hamil. Keputihan dalam kondisi hamil dapat memicu kelahiran sebelum Hari Perkiraan Lahir, bayi lahir prematur, bayi cacat fisik dan pendarahan.

Nah itulah beberapa faktor yang dapat memicu munculnya penyakit wanita keputihan. Kenali dan obati segera jika Anda terkena penyakit keputihan pada wanita. Pasalnya jika dibiarkan begitu saja, infeksi yang terjadi dapat semakin meluas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here