penyebab keputihan wanita
penyebab keputihan wanita

Disebut sebagai keputihan karena memang cairan yang keluar dari vagina ini berwarna putih. Hal ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang mesti dicemaskan. Kecuali jika Anda menemukan tanda-tanda keputihan yang tidak wajar. Seperti timbul bau menyengat, gatal dan kemerahan, pendarahan atau bercak darah, berubah warna menjadi kuning atau hijau, keputihan lengket dan tebal.

Setidaknya ada 7 penyebab keputihan wanita yang perlu Anda ketahui, sehingga Anda bisa menghindari penyebab tersebut. Selain itu, Anda harus lebih peka supaya tidak terjadi hal-hal yang lebih buruk. Bahkan, resiko untuk mendapatkan penyakit kronis terkait organ reproduksi.

Nah, apa saja penyebab keputihan wanita yang masih sering Anda lakukan. Berikut ulasannya:

  1. Usia

Usia ternyata berpengaruh terhadap keputihan yang menjangkit kaum hawa. Biasanya, terjadi saat masa subur yaitu sesudah dan sebelum menstruasi. Untuk itu, keputihan biasanya mulai terjadi pada wanita dengan usia remaja. Sebenarnya, keputihan adalah hal yang wajar, bahkan baik untuk kesehatan organ reproduksi.

Sebab, berfungsi untuk membersihkan sel mati. Namun, akan berbahaya jika keputihan terjadi pada usia yang masih terlalu muda (kurang dari 13 tahun). Hal itu bisa menjadi indikator infeksi pada organ intim.

  1. Berendam di Air Hangat

Berendam pada air dengan suhu yang hangat tentu sangat menyenangkan untuk dilakukan selepas bekerja. Namun, jika terlalu sering dan lama, bisa menimbulkan keputihan lho! Sebab, kondisi hangat mampu membuat pertumbuhan jamur jadi makin luas. Jika ingin berendam, jangan sampai menghabiskan waktu hingga berjam-jam. Hal itu dapat membuat produksi keputihan Anda menjadi semakin banyak.

  1. Aktivitas Seks Berlebihan

Penyebab keputihan berlebihan pada organ intim Anda mungkin salah satunya adalah melakukan aktivitas seks secara berlebihan. Semakin sering Anda melakukan aktivitas seks maka semakin meningkat pula kadar keputihan. Hal ini disebabkan karena aktivitas seks dapat menyebabkan sel mati meningkat.

Lakukan hubungan seks sekedarnya saja. jangan sampai berlebihan agar Anda tidak berurusan dengan semakin meningkatnya keputihan pada organ intim Anda.

  1. Penggunaan Pantyliner

Jika Anda menggunakan pantyliner setiap hari, sebaiknya mulai sekarang hentikan. Sebab, penggunaan pantyliner dapat menyebabkan aliran udara ke vagina menjadi terhambat. Akibatnya, organ intim jadi lembab dan berkeringat.

Dengan begitu, keputihan akan menjadi lebih banyak jika Anda terus membiarkan hal tersebut. kurangi penggunaan pantyliner agar keputihan Anda tidak menjadi semakin parah.

  1. Stress

Keputihan sangat erat kaitannya dengan hormon tubuh. Untuk itu, stress dan juga kelelahan bisa menjadi salah satu penyebab  keputihan. Gangguan hormonal bisa menyebabkan gangguan keseimbangan PH vagina sehingga keputihan keluar secara berlebihan.

Kendalikan diri Anda untuk jangan terlalu kelelahan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Serta hindari stress berlebihan agar keputihan tidak menjadi semakin parah.

  1. Mengenakan Celana Dalam Terlalu Ketat

Vagina yang terlalu lembab bisa menimbulkan jamur. Hal yang paling umum menjadi penyebabnya adalah mengenakan celana dalam terlalu ketat. Tak hanya itu, mengenakan celana dalam yang terlalu ketat juga bisa menjadi penyebab keputihan berbau tidak sedap.

Coba cek koleksi celana dalam Anda. Mungkin, dengan mengurangi dalaman ketat akan membantu Anda mengurangi keputihan yang terjadi. Selain itu, Anda juga harus memilih bahan yang sesuai seperti katun yang menyerap keringat. Sehingga, organ intim Anda terhindar dari kondisi lembab yang berlebihan.

  1. Gejala Penyakit

Jika Anda mengalami keputihan berlebihan, gatal, berbau amis, bahkan keluar bercak darah. Bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh penyakit tertentu. Jika dibiarkan begitu saja, penyakit tersebut kian menggerogoti sehingga menjadi lebih parah.

Baca Juga :

Penyebab keputihan gatal, berbau, dan berdarah bisa jadi karena penyakit seperti gonore, klamidia, dan sebagainya. Periksakan diri ke dokter jika terdapat tanda-tanda keputihan yang tidak normal. Dokter akan memberikan penanganan yang terbaik untuk mengatasi masalah keputihan Anda sekaligus mengobati penyakit penyebabnya.

Nah, kenali 7 penyebab keputihan yang terjadi pada diri Anda. Lalu, lakukan langkah penanganan dengan menghindari hal-hal tersebut. selain itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan vagina dengan membiarkannya tetap kering, bersih, dan tidak menggunakan benda-benda berbau tajam di sekitar vagina.

Jangan anggap enteng permasalahan keputihan. Akan sangat berbahaya jika keputihan Anda ternyata merupakan indikator terhadap penyakit berbahaya. tetap peka terhadap kesehatan organ tersebut, ya! Demikian, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here