Inilah 3 Resep Obat Tradisional Untuk Penyakit Keputihan
3 Resep Obat Tradisional Untuk Penyakit Keputihan yang Bisa Dibuat di Rumah

Keputihan adalah hal yang wajar terjadi pada wanita normal. Hal ini terjadi karena adanya pengaruh hormon pada serviks yang menyebabkan keluarnya cairan untuk membersihkan sel mati yang ada pada organ intim.

Namun, ada beberapa jenis keputihan yang tidak normal. Bahkan, bisa menjadi indikasi penyakit tertentu dalam tubuh. biasanya keputihan jenis ini warna, tekstur, serta baunya berbeda dengan keputihan pada umumnya.

Ada beberapa pengobatan yang bisa dipilih untuk mengatasi keputihan. Ada yang menggunakan obat resep dokter, ada pula yang lebih memilih obat tradisional untuk penyakit keputihan yang minim efek samping.

5 Obat Keputihan Patologis yang Bisa Anda Beli di Apotik. Aman Kok

Sebelum membahas obat keputihan alami dan cepat sembuh, Anda perlu mengetahui penyebab keputihan yang tidak normal. Diantaranya:

  1. Parasit Trichomonas vaginalis

Parasit ini menular melalui hubungan seksual, perlengkapan mandi, saling pinjam pakaian dalam, hingga dapat juga ditularkan dari bibir kloset. Keputihan yang disebabkan oleh parasit ini menyebabkan cairannya berwarna putih sangat kental, kuning, kehijauan, atau berbau anyir. Meskipun tidak menyebabkan gatal, tetapi liang vagina akan terasa nyeri.

  1. Virus

Virus yang sering menyerang bagian alat kelamin diantaranya Herpes, Condyloma, dan HIV/AIDS. Condyloma ditandai dengan tumbuhnya kutil serta cairan berbau tajam. Penyakit ini juga sering menjangkit wanita hamil.

Sedangkan Herpes menyebabkan liang vagina dan sekitarnya akan melepuh, mengeluarkan cairan gatal, dan akan terasa panas. Gejala ini bisa menjadi salah satu faktor pemicu kanker rahim.

  1. Jamur

Keputihan umumnya disebabkan karena infeksi jamur Candida albicans yang menyebabkan rasa gatal. Warna keputihan akibat jamur ini adalah putih susu serta kental. Baunya pun tajam dan menyebabkan wagina menjadi memerah.

Hal ini umum terjadi saat kehamilan, pemakaian pil KB, serta pada penderita diabetes mellitus. Bayi yang baru lahir pun bisa mengalaminya karena menelan cairan dari ibu yang menderita penyakit tersebut.

  1. Bakteri

Bakteri penyebab keputihan adalah gardnella. Bakteri tersebut akan menimbulkan rasa gatal yang mengganggu pada vagina. Warnanya menjadi keabuan, berbuih, berair, serta berbau amis.

Ada juga bakteri lain yang menyebabkan keputihan, diantaranya Sifilis dan Gonorrhea. Penggunaan alat Kb spiral atau IUD, gonta ganti pasangan, dan kehamilan bisa menjadi pemicu tumbuhnya bakteri ini.

Wah, ternyata keputihan bisa disebabkan oleh berbagai mikroorganisme penyebab penyakit akut. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati dan segera melakukan upaya pengobatan. Langkah pertama  dan paling aman, silahkan menggunakan obat tradisional yang minim efek samping.

Nah, penyebab keputihan yang tidak normal tersebut bisa diatasi dengan beberapa resep obat keputihan alami yang paling manjur. Berikut ulasannya:

  1. Menggunakan Delima Kering

Cara menghilangkan keputihan secara alami tanpa obat salah satunya menggunakan delima kering. Siapkan 30 gram kulit delima kering serta 30 gram sambiloto. Kemudian rebus dengan 600 cc air hingga menyisakan 300 cc saja. Minumlah airnya selagi masih hangat. Konsumsi 2 kali sehari secara teratur.

  1. Sambiloto dan Daun Jengger Ayam

Ramuan yang kedua menggunakan bahan berupa bunga jengger ayam, sambiloto, serta daun iler. Caranya adalah sebagai berikut:

Rebuslah 15 gram bunga jengger ayam yang telah kering, 15 gram sambiloto kering, serta 10 lembar daun iler yang masih segar dengan menggunakan 3 gelas air. Biarkan menyusut hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang sangat mudah untuk ditemukan di sekitar Anda. herbal ini memang terkenal dengan khasiatnya yang sangat banyak. Untuk menjadikan tanaman ini sebagai obat mengatasi penyakit keputihan, caranya sangat mudah.

Kupas kulit lidah buaya lalu dihaluskan menggunakan blender. Jus lidah buaya tersebut langsung direbus dengan 30 gram sambiloto dan air secukupnya. Minum airnya selagi hangat. Minumlah 2 kali sehari.

Selagi Anda mengonsumsi berbagai ramuan tradisional tersebut, penting untuk selalu menjaga pola hidup yang lebih sehat. Seperti tidak berhubungan seksual dengan bergonta-ganti pasangan, menjaga kebersihan organ intim, serta hindari pemicu keputihan pada wanita.

Silahkan Anda coba membuat sendiri obat tradisional tersebut. Pilih bahan yang paling mudah untuk ditemui. Lalu, minumlah secara rutin sesuai dengan yang telah disarankan. Jika tidak juga memberikan hasil yang signifikan dan keputihan Anda semakin parah. Sebaiknya hubungi dokter untuk memastikan penyebab dan penanganan yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here