Sebab Keputihan Pada Wanita
Sebab Keputihan Pada Wanita

Hampir seluruh wanita di dunia tentu pernah mengalami keputihan. Keputihan adalah sebuah kondisi dimana vagina mengeluarkan sebuah cairan berwarna putih atau bening. Karena umumnya cairan ini berwarna bening atau putih, maka tidak mengherankan jika banyak yang menyebutnya keputihan. Peristiwa keputihan ini merupakan sebuah kondisi alami yang bisa terjadi setiap bulannya.

Manfaat dari keluarnya keputihan secara alami ini akan membuat organ intim Anda menjadi lebih bersih dan sehat. Karena cairan atau lendir yang dikeluarkan tersebut sebenarnya adalah mengeluarkan sel-sel yang sudah mati atau bakteri-bakteri. Dengan memiliki keseimbangan alami antara bakteri jahat dan bakteri baik, kesehatan area vagina terjaga. Akan berbeda halnya jika keputihan yang Anda keluar merupakan keputihan abnormal pada wanita.

Sebab keputihan pada wanita biasanya dipengaruhi oleh pertumbuhan jamur atau bakteri yang tidak terkendali. Namun hal ini tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa hal yang memicu kenapa jamur dan bakteri dapat tumbuh tidak terkendali padahal di dalam organ intim sudah terdapat keseimbangan alami antara bakteri baik dan bakteri jahat yang menjaga kesehatan vagina.

Nah, ternyata ada beberapa kebiasaan yang tidak Anda sadari yang dapat memicu penyebab keputihan gatal pada wanita. Penasaran apa saja kebiasaan tersebut? Simak penjelasan berikut ini!

  1. Suka Memakai Celana Dalam Dari Bahan Sintetis

Hal pertama yang bisa menjadi sebab keputihan pada wanita adalah menggunakan celana dalam yang terbuat dari bahan sintetis. Sebaiknya gunakanlah celana dalam yang terbuat dari bahan katun. Celana dalam berbahan katun akan lebih cepat dan mudah dalam menyerap keringat, serta sirkulasi udara akan jauh lebih lancar sehingga pada area vagina akan lebih kering dan tidak lembab.

Area vagina yang lembab akibat penggunaan bahan sintetis sebagai celana dalam atau celana dalam yang berukuran ketat, akan menjadi sarang pertumbuhan bakteri dan jamur yang mengakibatkan keputihan pada wanita. Jika hal ini dibiarkan berlangsung lama, maka biasanya vagina akan teriritasi, baik disebabkan oleh infeksi bakteri vagina atau jamur candida.

  1. Suka Memakai Pantyliner

Saat terjadi keputihan maka penderitanya akan merasa tidak nyaman karena area vagina yang menjadi cukup basah dan lengket. Bahkan ada pula keputihan yang tidak normal dengan menyebabkan gatal dan iritasi. Salah satu cara yang sering digunakan untuk menjaga agar tetap nyaman dan tidak terlalu sering gonta ganti celana dalam adalah dengan cara memakai pantyliner.

Nah, ternyata pemakaian pantyliner ini tidak disarankan. Karena saat menggunakan pantyliner justru akan membuat area vagina menjadi lebih lembab, apalagi jika Anda malas berganti pantyliner setiap 4 jam sekali. Tentu  area vagina akan menjadi sarang yang empuk untuk pertumbuhan jamur dan bakteri penyebab keputihan gatal pada wanita.

  1. Memakai Sabun Wangi Untuk Area Vagina

Selain kedua hal di atas, ternyata pemakaian sabun pembersih yang wangi tidak disarankan digunakan untuk membersihkan area kewanitaan. Memang menjadi lebih kesat dan terasa lebih bersih, namun tahukah Anda jika penggunaan sabun tersebut ternyata juga dapat membunuh bakteri baik yang tinggal di area vagina?

Nah kondisi ini jika dibiarkan lama maka dapat menyebabkan kerusakan pada keseimbangan alami area vagina. Sehingga tidak mengherankan jika Anda dapat terkena keputihan abnormal pada wanita.

Cara membersihkan vagina pada saat terasa gatal, Anda dapat menggunakan air dingin untuk mengurangi rasa gatal dan nyeri yang terjadi. Sebaiknya gunakan air saja tanpa menggunakan sabun pembersih kewanitaan untuk mengembalikan keseimbangan alami pada vagina.

Selanjutnya, jika gatal sudah mereda, Anda dapat mencegahnya dengan cara mencuci area vagina dengan menggunakan air rendaman daun sirih atau air hangat.

  1. Suka Mengonsumsi Makanan Berlemak

Apapun alasannya makanan berlemak memang tidak baik untuk kesehatan. Selain dapat memicu penyakit jantung dan kolesterol, ternyata mengonsumsi makanan berlemak juga bisa jadi sebab keputihan pada wanita. Meskipun memiliki rasa yang nikmat, namun sebaiknya untuk dikurangi atau dihindari agar Anda dapat terhindar dari penyakit berbahaya termasuk keputihan.

  1. Memakai Detergen Wangi Untuk Mencuci Ccelana Dalam

Salah satu hal yang dapat memicu terjadinya keputihan tidak normal pada wanita adalah karena alergi yang disebabkan oleh penggunaan detergen untuk mencuci celana dalam, apalagi yang memiliki aroma tajam. Hal ini dapat membuat area vagina teriritasi dan menyebabkan keputihan. Selain itu, penggunaan pembalut yang bararoma tajam juga bisa menyebabkan hal yang sama.

Baca Juga :

Nah itulah beberapa kebiasaan yang biasa dilakukan dan tidak disadari ternyata dapat memicu munculnya keputihan. Oleh karena itu, untuk terhindar dari keputihan sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here