Tips menyembuhkan keputihan
Tips menyembuhkan keputihan

Keputihan merupakan masalah yang umum dan kerap dihadapi oleh sebagian besar wanita. Namun, keputihan juga bisa bisa dibilang sebagai fenomena yang menandakan bahwa kewanitaan Anda dalam keadaan sehat. Ini karena pada bagian dinding vagina serta leher rahim terdapat kelenjar yang mana dapat memproduksi cairan. Hal ini sebagai bentuk pertahanan tubuh agar bisa tetap menjaga kesehatan dari organ intim wanita itu sendiri.

Keputihan normal ditandai dengan warna putih susu ataupun jernih serta tidak berbau. Pada masa-masa tertentu seperti sekitar masa menstruasi, menyusui atau saat berhubungan seksual maka kadar cairan dari keputihan itu sendiri akan meningkat. Hal ini memang sangat normal dan biasa dialami oleh sebagian besar wanita.

Namun, bagaimana jika keputihan itu sendiri berubah menjadi tidak normal. Keputihan yang tidak normal ditandai dengan terjadinya perubahan warna serta konsistensi, bau yang tidak sedap, terasa gatal ataupun nyeri. Tentu saja, ini merupakan masalah keputihan yang cukup serius. Nah, jika Anda sudah mengalami gejala yang satu ini maka langkah yang tepat ialah dengan mencari tips menyembuhkan keputihan.

Baca Juga :

Gejala keputihan tersebut tentu tidak terjadi begitu saja, ada beberapa faktor yang melatarbelakangi mengapa keputihan itu bisa terjadi. Beberapa faktor yang menyebabkan keputihan menjadi abnormal ialah adanya infeksi vaginosis bakterialis, infeksi penyakit menular seksual, penggunaan antibiotik, penggunaan pil kontrasepsi, infeksi jamur, infeksi parasit trikomoniasis dan yang lebih parah lagi yaitu gejala kanker serviks.

Keputihan yang tidak normal memang membuat Anda menjadi tidak terasa nyaman. Namun, Anda jangan khawatir. Hal ini karena Anda bisa melakukan beberapa cara mudah menyembuhkan keputihan dengan melakukan beberapa hal di bawah ini. Bahkan, Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah.

  • Menggunakan air dingin untuk mengompres bagian yang terasa gatal dan membengkak. Tentu saja hal ini untuk membantu meredakannya
  • Pakailah kondom atau lebih baik untuk menunda melakukan hubungan seksual sampai dengan satu minggu setelah melakukan pengobatan
  • Nah, apabila keputihan yang tidak normal terjadi selama satu minggu lebih setelah pengobatan dan tidak kunjung sembuh, maka segera periksakan diri ke dokter
  • Apabila keputihan yang Anda alami memiliki ciri seperti adanya luka, rasa gatal, kemerahan, pembengkakan serta rasa perih pada saat buang air kecil, maka sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter. Tentunya, agar Anda bisa mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Di atas merupakan tips menyembuhkan keputihan sederhana yang bisa Anda lakukan. Nah, agar Anda lebih paham lagi mengenai keputihan yang tidak normal seperti apa, berikut ini akan dijelaskan lebih detail mengenai keputihan yang tidak normal itu sendiri.

  • Adanya bau yang menyengat dari area vagina
  • Timbulnya rasa gatal serta kemerahan pada bagian vagina dan sekitarnya
  • Terjadinya pendarahan ataupun bercak yang timbul di luar masa menstruasi
  • Keputihan yang Anda alami berubah menjadi lebih tebal serta lengket
  • Warnanya pun berubah menjadi lebih kuning atau hijau.

Tentu saja, tidak hanya tips menyembuhkan keputihan saja yang Anda butuhkan. Anda juga membutuhkan tips agar beberapa gejala keputihan di atas tidak Anda alami. Nah, apa saja tips yang bisa Anda gunakan untuk mencegah keputihan tidak normal? Berikut ini penjelasannya.

  • Setelah buang air kecil, bersihkan kemaluan Anda dengan menggunakan air dari arah depan ke belakang. Tentu saja, hal ini menghindari masuknya bakteri E.coli yang ada di bagian dubur untuk masuk ke dalam vagina.
  • Tidak menggunakan celana dalam pada saat tidur di malam hari.
  • Gunakan celana dalam dengan bahan katun yang mudah menyerap keringat sehingga area Miss V tidak mudah lembab. Hindari menggunakan celana dalam dari bahan sintetis.
  • Tidak menggunakan celana yang terlalu ketat
  • Jangan terlalu sering menggunakan stoking
  • Jangan menggunakan cairan pembersih vagina
  • Hindari juga penggunaan parfum serta bedak pada area vagina Anda
  • Hindari juga penggunaan pembalut dan tisu toilet yang memiliki aroma kuat
  • Jangan terlalu sering berendam di air panas
  • Konsumsilah berbagai macam makanan yang mengandung gizi tinggi untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah timbulnya keputihan. Tentu saja, tidak hanya harus mengetahui tips menyembuhkan keputihan saja. Namun, mengetahui beberapa pencegahannya pun wajib untuk Anda ketahui untuk menghindarkan diri dari berbagai macam penyakit berbahaya yang bisa menyerang Anda dikemudian hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here